Keberadaanya Sudah Banyak Dilupakan Kalangan Pelajar



BLITAR, SMN - Setelah sukses menggulirkan program "Wajib Baca Al Qur'an " serta "Gerakan Tangan Diatas", Dinas Pendidikan Kab. Blitar akan meluncurkan Program "Mengenal Kembali Huruf Jawa Kuno".
Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kab. Blitar Romelan, keberadaan huruf jawa kuno yang merupakan peninggalan budaya bangsa, kini mulai banyak dilupakan utamanya oleh kalangan pelajar. Padahal jika dipelajari secara mendalam, huruf jawa kuno memiliki penafsiran mengenai ajaran budi pekerti serta filosofi kehidupan yang sangat tinggi dan luhur. Dengan latar belakang itulah Program "Mengenal Kembali Huruf Jawa Kuno" tersebut perlu dilaksanakan.

Secara teknis, materi menulis huruf jawa kuno nantinya akan dimasukkan ke dalam muatan lokal pada mata pelajaran budi pekerti. Menyusul pada mata pelajaran Bahasa Daerah yang ada selama ini tidak memberikan porsi cukup untuk siswa belajar menulis huruf jawa kuno. Jika sudah efektif dilaksanakan, Romelan berharap program tersebut akan membawa dampak bagi warga pendidikan khususnya siswa mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK untuk bisa membaca, menulis dan bercerita dengan menggunakan huruf jawa kuno.
Rencananya Program "Mengenal Kembali Huruf Jawa Kuno" tersebut akan diperkenalkan pada warga pendidikan bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional bulan Mei 2013 mendatang. Diharapkan melalui program ini peninggalan budaya huruf jawa kuno bisa terus dilestarikan. (rul)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Keberadaanya Sudah Banyak Dilupakan Kalangan Pelajar"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA