Operasi Lilin Semeru 2012, Satlantas Polres Probolinggo Gelar Pelatihan Tangani Bencana Alam


Penyematan tanda dimulainya Operasi Lilin Semeru 2012
kepada anggota Satlantas oleh Wakapolres Probolinggo

PROBOLINGGO, SMN - Menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2012, Satlantas Polres Probolinggo terus intens melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan pengoperasian senso (mesin pemotong kayu) dan pelatihan penanganan pemadam kebakaran, Jum’at (21/12).
Pelatihan ini digelar bekerja sama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo.

Pelatihan yang digelar mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB ini diikuti oleh seluruh personil Satlantas Polres Probolinggo. Tidak hanya mendapatkan materi, tetapi personil Satlantas ini juga melakukan demontrasi dengan dipandu oleh instruktur dari petugas BPBD dan Damkar Kabupaten Probolinggo.
Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP. WARIH HUTOMO mengungkapkan ”Selain untuk meningkatkan keterampilan anggota, pelatihan ini juga merupakan modal untuk penanganan awal jika terjadi bencana alam. Jika sewaktu-waktu ada pohon tumbang di jalan, maka anggota kami bisa bergerak cepat dengan menanganinya sejak dini. Sehingga bisa menghindari terjadinya kemacetan panjang di jalan raya,” ungkap AKP Warih.
Menurut Warih, pelatihan pengoperasian senso dan pelatihan penanganan pemadam kebakaran ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, khususnya bagi pengguna jalan yang sedang merayakan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013. ”Kita mendatangkan petugas BPBD dan Damkar dari Kabupaten Probolinggo untuk memberikan pelatihan langsung kepada anggota Satlantas Polres Probolinggo,” jelas Warih.
Saat pelatihan itu, petugas pemadam kebakaran maupun BPBD memberikan banyak hal tentang teori menghadapi terjadinya kebakaran maupun pengoperasian senso. Mereka tidak hanya memberikan penjelasan teori, namun juga melakukan demontrasi. Sehingga betul-betul dapat dipahami oleh seluruh personil Satlantas Polres Probolinggo.
Untuk pelatihan pengoperasian senso, anggota Satlantas Polres Probolinggo ini diajari teknik-teknik cara mengenali dan mengoperasikan senso, cara memotong pohon dengan berbagai posisi serta cara perawatan gergaji. Sementara untuk pelatihan penanganan Damkar, mereka diberi pengenalan berbagai alat pemadam kebakaran, cara pengoperasian alat damkar dan nomor telepon yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran.
”Semoga melalui pelatihan ini anggota Satlantas Polres Probolinggo bisa bergerak cepat untuk melakukan penanganan awal jika terjadi bencana alam yang mengganggu kenyamanan pengguna jalan,” harap Warih. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Operasi Lilin Semeru 2012, Satlantas Polres Probolinggo Gelar Pelatihan Tangani Bencana Alam "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA