Keindahan Mangrove Hulu Sungai Riau Objek Wisata Menjanjikan


Saat tinjau hutan mangrove

TANJUNGPINAG, SMN - Tidak banyak yang tahu bahwa di Kota Tanjungpinang terdapat objek wisata alam berupa hutan mangrove dan cagar budaya istana kota rebah yang sangat indah. Objek wisata ini meski sedikit jauh dari pusat kota tetapi cukup banyak peminatnya. Jumlah wisatawan yang berkunjung ketempat tersebut sejak bulan Juni hingga akhir Desember 2012 ini sudah tercatat sebanyak 2.972 orang. “Itu yang tercatat, sedangkan yang tidak tercatat jumlahnya cukup banyak juga”, ujar Said Parman Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang. Anda pasti bertanya-tanya, apa yang bisa dihandalkan di tempat tersembunyi ini.

Walikota Tanjungpinang bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala BUMD Kota Tanjungpinang melakukan kunjungan ketempat tersebut. Ketika baru sampai ditempat ini udara terasa sejuk dan segar. Ada 4 buah rumah tradisional yang terbuat dari kulit kayu dilengkapi anak tangga seperti rumah kampung tempo dulu berjejer dipinggirnya. Diujung rumah terdapat pohon besar yang berusia sudah ratusan tahun, tapi tampak berdiri kokoh dan unik dengan kulit kayu berwarna putih. Ditempat ini pula sering dijadikan tempat berfoto oleh pasangan calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan (foto pra wedding-red), sedangkan kelilingnya tampak pohon enau dengan buah bulat berwarna hijau yang cukup lebat.
Disana juga ada sebuah istana yang tinggal dindingnya saja. Istana tersebut saat ini diberi tiang penyangga agar tidak roboh dan juga terdapat beberapa buah makam. Walikota dan rombongan melanjutkan penulusuran ke hutan mangrove. Untuk mengelilingi mangrove sudah ada pelantar. Bila kita berjalan diatas pelantar tidak terasa sengatan matahari karena diselimuti hutan mangrove yang cukup lebat.
Kota rebah selain bisa ditempuh dengan jalur darat juga bisa melalui jalur laut. Bila kita memandang kebawah pelantar, akan tanpak air jernih nan tenang. Kedamaian alam dan kesejukan udara seputarnya menjadi pemikat pengunjung melangkahkan kaki ke objek wisata alam ini.
Suryatati tampak sangat menikmati perjalanan dipagi itu Rabu (26/12), dan ia menginginkan agar objek wisata ini juga nantinya dilengkapi dengan taman bunga, dengan aneka warna bunga yang berasal dari setiap daerah di Provinsi Kepri, selain itu juga harus ada mushalla, toilet dan tempat makan yang ditata dengan baik yang  menunjukkan ciri khas Tanjungpinang.
Ketika sedang berehat, tiba-tiba segerombalan siswa SMA asal kijang mendatangi tempat tersebut, hiruk pikuk dan canda tawa memecah kesunyian. Menurut petugas penjaga objek wisata mangrove Hulu Sungai Riau, objek wisata ini hampir setiap hari dikunjungi wisatawan, semakin sore semakin banyak yang datang untuk sekedar duduk-duduk dan melihat matahari terbenam. Selain dari Tanjungpinang, Kijang dan Uban, wisatawan domestik asal Daek, Dumai juga ada, bahkan wisatawan asal Singapura, malaysia juga banyak yang datang. Bagaimana dengan Anda? Silakan datang mengisi masa liburan bersama keluarga dan rekan-rekan! (hms/ind)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Keindahan Mangrove Hulu Sungai Riau Objek Wisata Menjanjikan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA