Walikota Probolinggo Meresmikan Tugu Kota Seribu Taman



PROBOLINGGO, SMN - Guna mewujudkan Kota Probolinggo menjadi Kota yang indah serta sejuk, Pemerintah Kota Probolinggo baru-baru ini meresmikan keberadaan Tugu Kota Seribu Taman (KST) yang berada di salah satu sudut jalan protokol di Kota Probolinggo.
Dari narasumber menyebutkan bahwa keberadaan Tugu Kota Seribu Taman tersebut buah kerjasama antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan salah satu CSR Perusahaan swasta.

Dalam laporannya Kepala Bidang KSDA dan Kelistrikan BLH Retno Widosari, mengunkapkan latar belakang terbangunnya Tugu Kota Seribu Taman (KST) adalah sebagai salah satu upaya menciptakan keindahan dan citra dari Kota Probolinggo sebagai kota seribu taman sekaligus mewujudkan pemerataan ruang terbuka hijau (RTH)”.
“Maksud dan tujuan adanya Tugu Kota Seribu Taman dalah mewujudkan Kota Probolinggo yang indah, sejuk, sarana rekreasi, serta sebagai media pemersatu pembangunan sekaligus wujud komitmen pemerintah dan masyrakat untuk membangun serta sebagai ajang promosi dunia usaha”, imbuhnya.
Sementara itu Walikota Probolinggo Buchori, usai meresmikan keberadaan Tugu Kota Seribu Taman tersebut menyatakan rasa terimakasi pada pihak CSR yang ikut andil dalam pembangunan Tugu sekaligus ikut berperan dalam melaksanakan program pemerintah yang salah satu pemerataan keberadaan ruang terbuka hijau”.
Hadir dalam acara peresmian tersebut selain Walikota Probolinggo Buchori, tampak pula dalam momen peresmian Tugu Kota Seribu Taman tersebut diantaranya Ketua TP PKK Kota Probolinggo Rukmini Buchori, Wakil Walikota Bandyk Soetrisno, Sekda Jhony Hariyanto, Ketua DPRD Sulaiman, forum koordinasi pimpinan daerah, Kepala BLH Budy Krisyanto sekaligus pihak CSR Perusahaan swasta.
Kota Probolinggo yang sebelumnya mempunyai Ikon Kota Anggur dan Mngga, yang saat ini untuk Anggur mulai surut, maka sekarang IKON kota Probolinggo bertambah lagi yaitu Ikon Kota 1000 Taman dengan dibangun dan saat ini diresmikan Tugu Kota Seribu Taman (TKST) yang terletak di pertigaan jalan Dr. Moh. Saleh,
Walikota Hm. Buchori mengatakan dalam peresmian tersebut bahwa “Diawali pada tahun 2006 yang sempat mempunyai IDE kalau sepanjang jalan Panglima Sudirman sisi kanan /kiri dibuat taman untuk stake holder seperti SKPD, Ormas, Orpol, Perusahaan, Sekolah dan sampai sekarang sudah berlangsung selama 8 tahun, dan sudah diakui oleh pejabat Provinsi maupun Pusat Jakarta, termasuk Menteri Pertanian mengatakan sangat Apresiasi Kota Probolinggo dengan Taman tamannya”.
Dikesempatan ini Walikota juga mengatakan “Presiden SBY via twitternya juaga mengapresiasi bahwa Kota Probolinggo Bersih dan Tertib berlalu lintasnya bagus, sehingga pantas mendapatkan Wahana Tata Nugraha (WTN) Terbaik Nasional untuk kota Sedang.
Buchori menegaskan Berbicara masalah kota Seribu Taman, kota Probolinggo sudah banyak dikunjungi oleh Pemda/ Pemkot kurang lebih ada 110 Pemda/ Pemkot yang datang untuk melihat kota Seribu Taman dan juga untuk Study Banding.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Budi Krisyanto dikesempatan lain menjelaskan bahwa Ikon Kota Seribu Taman ini awalnya dari memanfaatkannya lahan lahan kosong yang dimanfaatkan dengan pembangunan Taman secara Partisipatif melibatkan berbagai elemen masyarakat secara bertahap. (edy)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Walikota Probolinggo Meresmikan Tugu Kota Seribu Taman "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA