Rapat Koordinasi Forum LLAJ Provinsi Jatim



SURABAYA, SMN - Dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan yang terkoordinasi antar instansi penyelenggara serta dalam rangka merencanakan dan menyelesaikan masalah lalu lintas dan angkutan jalan di wilayah Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 30 April 2013 bertempat di aula Kantor Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim diselenggarakan Rapat Koordinasi Forum lalu Lintas dan Angkutan Jalan tahun 2013. Rapat dihadiri berbagai penyelenggara lalu lintas dan angkutan jalan, diantaranya dari Ditlantas Polda Jatim, Dinas perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim, DPD Organda Jatim, Jasa Raharja Jatim, Dinas PU Bina Marga Jatim, Dinas Kesehatan Jatim, Akademisi, Masyarakat Transportasi, YLKI dan dari masyarakat pemerhati dan angkutan jalan.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Drs. Komarul Zaman dalam paparannya menyampaikan situasi dan kondisi lalu lintas dan angkutan jalan serta jumlah korban laka lantas selama tahun 2012 di wilayah Jawa Timur. Selain itu Dirlantas juga menyampaikan lokasi daerah rawan laka lantas (backspot) di wilayah Jawa Timur serta persiapan Polda Jawa Timur dalam menghadapi lebaran tahun 2013.
Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi dalam paparannya menyampaikan berbagai kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam bidang transportasi baik moda transportasi darat, laut dan udara dalam menghadapi perkembangan ekonomi Jatim yang tumbuh mencapai 7,27% dengan membangun berbagai infrastruktur transportasi sehingga arus barang dan penumpang dari dan ke Jawa Timur akan lebih lancar, diantaranya dengan membangun pelabuhan di Paciran Lamongan, Pelabuhan Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Pelabuhan Probolinggo, pembangunan rel kereta api doube track, pengembangan Bandara Juanda Surabaya dan bandara Abdul Rahman Saleh di Malang.
Sementara itu Kabag Teknik JR Jatim Puryanto dalam paparannya menyampaikan bahwa Jasa Raharja selain tetap fokus terhadap tugas pokok memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum sebagimana diamanahkan dalam UU. No. 33 dan 34 Tahun 1964, juga melakukan kegiatan pencegahan kecelakaan lalu lintas. Pada lebaran tahun 2013, Jasa Raharja Jatim juga akan mengadakan mudik gratis yang diberangkatkan dari Surabaya menuju kota-kota di wilayah Provinsi Jatim, Provinsi Jateng dan Provinsi DI Yogyakarta sebanyak 35 unit bus, dengan mengangkut sekitar 1.800 penumpang. “Hal ini diharapkan akan mengurangi kepadatan pemudik yang menggunakan sepeda motor dan akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada lebaran tahun 2013”, tegas Puryanto.
Selain melakukan rapat koordinasi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Dishub & LLAJ Provinsi Jatim dan Polda Jatim tentang Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Barang di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor(sam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Rapat Koordinasi Forum LLAJ Provinsi Jatim"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA