PAN, PKB dan Demokrat Teken MOU



 

KOTA MADIUN, SMN - Partai Demokrat membentuk kongsi gemuk untuk mengusung pasangan incumbent Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto (Ba-Ris). Partai berlambang mercy itu akhirnya resmi berkoalisi dengan PKB dan PAN, pada Pilkada Kota Madiun. Ketua DPC Partai Demokrat Bambang Irianto sudah meneken MOU (memorandum of understanding) dengan M Yamin, ketua DPD PAN dan Ngedi Trisno Yhusianto, ketua DPC PKB.

‘’Sudah ada hitam di atas putih dengan PAN dan PKB untuk mengusung pasangan Ba-Ris,’’ kata Istono, sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Madiun, kemarin (12/5). Sinyal koalisi Demokrat-PKB-PAN sejatinya sudah terlihat pertengahan Maret lalu. Bambang Irianto secara tersirat menyatakan PKB dan PAN bakal bergabung di barisan koalisi partainya. Kendati bermodal delapan kursi di DPRD Kota Madiun, Demokrat masih membuka pintu koalisi.
Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Madiun, pertemuan Bambang Irianto dengan M Yamin berlangsung Rabu (8/5) malam. Pertemuan delapan mata –karena juga diikuti sekretaris DPC Partai Demokrat dan DPD PAN—itu berlangsung di kediaman Bambang Irianto di Jalan Jawa. Sehari kemudian, Kamis (9/5), giliran datang Ketua DPC PKB Ngedi Trisno Yhusianto bersama sekretaris partainya bertemu Bambang Irianto.
Menurut Istono, Demokrat tetap meminta PKB dan PAN serius memenangkan Ba-Ris jilid II. Dengan koalisi itu, partai yang mengusung Ba-Ris berkekuatan 14 kursi di parlemen. Rinciannya, Demokrat memiliki 8 kursi, sedang PKB dan PAN masing-masing tiga kursi dewan. ‘’Kami masih welcome kalau masih ada partai lain yang ingin menjadi pengusung Ba-Ris sebelum pengembalian formulir pendaftaran ke KPUD,’’ ujarnya.
Tanpa kecuali dengan Partai Golkar yang merunut sejarah juga menjadi pengusung Ba-Ris pada Pilkada 2008 lalu. Istono mengaku belum membuat kesepakatan dengan Partai Golkar. ‘’Saya tidak mengatakan tidak ada kesepakatan, tapi sampai sekarang memang belum ada,’’ jelas Ketua Komisi II DPRD Kota Madiun itu.
Dijelaskan, Demokrat- PKB-PAN langsung bekerja bersama karena sudah ada kesesuaian. Menurut rencana, mereka hari ini (13/5) akan bersama-sama mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota ke KPUD Kota Madiun, sekitar pukul 09.00. Tahapan pendaftaran berlangsung 13 Mei hingga 19 Mei mendatang. ‘’Besok (hari ini, Red) kami ambil formulir, dari PKB dan PAN InsyaAllah ikut,’’ ungkap Istono.
Terpisah, Ketua DPC PKB Kota Madiun Ngedi Trisno Yhusianto membenarkan sudah menekenb MoU dengan Demokrat. Dia berterus terang mengacu ke hasil survei hingga PKB memutuskan berkoalisi menjadi pengusung Ba-Ris. ‘’Itu survei ketiga PKB yang sudah berbentuk paket pasangan. Ba-Ris di posisi tertinggi berdasarkan elektabilitas, popularitas dan akseptabilitas,’’ jelas Ngedi.
Kata dia, PKB sudah sreg berkoalisi dengan Demokrat lantaran sama-sama ingin berkonsentrasi di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pelayanan publik. ‘’Ketika kami masuk di koalisi sebagai pengusung, secara otomatis akan lebih ketat mengawasi pemerintahan,’’ paparnya.
Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Madiun M Yamin menyebut nota kepekatan yang diteken dengan Demokrat semata demi kemajuan pemerintahan Kota Madiun. Pihaknya mensyaratkan kekurangan Ba-Ris dalam pemerintahan sebelumnya harusl dijadikan koreksi. Dia menilai sebagai pilihan rasional jika PAN berkoalisi dengan Demokrat di Pilkada Kota Madiun. ‘’Kami tertarik koalisi karena pasangan ini paling siap. Sedangkan kandidat lain masih mencari-cari bentuk di waktu yang sudah dekat, bagaimana dengan sosialisasi mereka,’’ jelas Yamin.
Di pihak lain, DPP PDI Perjuangan hingga kemarin belum menjatuhkan rekomendasi kepada bakal calon wali kota-bakal calon wawali yang selama ini sudah mendaftar. Menurut Sekretaris DPC PDIP Kota Madiun Widodo Ponco Putro, pekan ini baru dilakukan fit and proper test. ‘’Belum turun rekomnya, minggu ini lah sudah ada,’’ tandasnya. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "PAN, PKB dan Demokrat Teken MOU"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA