Satlantas Polres Ponorogo, Gelar Operasi Simpatik Selama 21 Hari



 PONOROGO, SMN - Satlantas Polres Ponorogo menggelar Operasi Simpatik Semeru 2013 selama 21 hari yakni mulai tanggal 7 hingga 27 Mei 2013. Operasi Simpatik ini merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan oleh seluruh kepolisian dari tingkat Mabes hingga ke wilayah. Yang di kedepankan adalah fungsi lalulintas. “Sasaran operasi Simpatik ini adalah para pengguna jalan baik masyarakat yang terorganisir maupun yang tidak terorganisir dengan cara simpati. Jadi dalam operasi simpatik ini kegiatan pre emtif dan preventif nya lebih ditingkatkan daripada kegiatan represif atau penegakan hukum”, jelas AKP Dwi Agung Setyono, SIK Kasat Lantas Polres Ponorogo.

Lebihlanjut Agung mengatakan bentuk –bentuk kegiatan dalam operasi Simpatik Semeru 2013 ini antara lain berupa Dikmas Lantas seperti pemasangan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan lalu lintas yakni pemasangan spanduk, banner, baliho, pembagian brosur kepada pengguna jalan. Juga berupa Dikmas langsung seperti kunjungan ke sekolah-sekolah, pangkalan ojek, ke terminal atau ke pengguna jalan secara langsung.
“Selama tiga minggu ini kita kurangi kegiatan penegakan hukum yakni penilangan, tapi lebih kepada teguran simpatik yang bersifat mengingatkan.Tujuan operasi Simpatik ini sendiri sebagai upaya pendekatan secara simpatik kepada masyarakat agar mereka sadar akan pentingnya keselamatan di jalan, himbauan agar mereka mentaati peraturan dan mempunyai etika yang baik ketika di jalan raya, sehingga terwujud rasa aman dan selamat di jalan”, imbuh Agung.
Bagaimanapun juga yang bisa mewujudkan ketertiban dan keselamatan di jalan adalah para pengguna jalan itu sendiri. Satlantas Polres Ponorogo juga gencar memberikan sosialisasi kepada generasi muda akan pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Yakni dengan mengadakan pemilihan pelajar pelopor tertib berlalulintas yang diadakan Selasa (7/5) di aula Diknas Ponorogo.
Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Satlantas Polres Ponorogo, dinas Perhubungan dan dinas Pendidikan Ponorogo. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada generasi muda untuk semakin mengetahui aturan berlalu lintas sampai dengan etika berlalu lintas yang mengutamakan keselamatan bersama. Dan nantinya mereka diharapkan dapat meneruskan serta menyampaikan informasi, pengetahuan dan pengalamannya kepada teman, lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat luas sehingga misi untuk mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat dan lancar dapat tercapai. (any)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Satlantas Polres Ponorogo, Gelar Operasi Simpatik Selama 21 Hari"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA