Bupati Kediri Saksikan Panen Perdana UGADI



KEDIRI, SMN - Program UGADI ( Udang Galah Bersama Padi ) di Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten panen Perdana yang disaksikan oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Selasa pagi (7/5).
Program UGADI di desa Pranggang adalah Demplot atau uji coba di lahan milik petani seluas 1 Ha tanaman padi yang juga dipelihara Udang Galah pada lahan tersebut, panen padi juga panen udang dan demplot ini tidak habis disini saja tapi akan terus berlanjut kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri drh. Sri Suparmi, MM .

Rudiantoro salah satu anggota kelompok yang luas lahannya 50 ru ( ±700 m2) saat panen dimintai keterangan Bupati, lebih untung mana tanam padi saja apa tanam padi bersama pelihara udang galah. Menurut Rudiantoro dan Nanang lebih untung UGADI karena disamping panen padi juga ada hasil sampingannya yaitu udang. Padi yang dihasilkan adalah padi organik , luas 700 m2 perkiraan produksinya 6 s/d 7 kwintal gabah dan udangnya ± 2 kwintal karena tadi sudah ditimbang rata- rata setiap kg udang 20 s/d 25 ekor. Analisanya belum kami hitung karena ini panen perdana.
Dalam panen perdana UGADI tersebut Bupati menyampaikan pesan analisa usahanya untuk dibuat biaya yang dikeluarkan dengan hasilnya bagaimana, apabila ini menguntungkan dapat meningkatkan hasil yang baik agar dikembangkan lagi ke petani dan dirundingkan /dimusyawarahkan pada kelompok sehingga bisa mengajak kelompok-kelompok atau petani-petani yang lain karena apabila bisa menghasilkan padi organik tentu harganya lebih mahal dibanding dengan hasil padi yang ditanam dengan cara yang bukan UGADI. (kan/hms)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Kediri Saksikan Panen Perdana UGADI"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA