Wako Serahkan Secara Simbolis Kredit PKBL, KUM dan PUKK



LUBUKLINGGAU, SMN - Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, Ketua DPRD, Hasbi Asadiki dan Ketua BMPD, Taufik Hidayat menyerahkan secara simbolis Kredit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Industri Kecil, Kredit Tanpa Agunan bagi Pengusaha Mikro (KUM) dan Pembinaan Usaha Kecil Koperasi Bagi Masyarakat (PUKK) Kota Lubuklinggau tahun 2013.

Selain itu, pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan kerjasama Program PKBL Industri Kecil antara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Lubuklinggau dengan Pimpinan BRI Cabang Lubuklinggau. Kemudian penandatanganan kerjasama program KUM antara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kota Lubuklinggau dengan Pimpinan Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau.
Kepala Bappeda Kota Lubuklinggau, H Syamsuar Bakhrie selalu ketua panitia penyelenggara, dalam laporannya menyampaikan salah satu program Strategis Walikota Lubuklinggau terpilih masa jabatan 2013-2018 adalah melakukan intervensi pada cruster 3 program penanggulangan kemiskinan. Hal ini penting karena permasalahan utama Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Lubuklinggau terletak pada berfluktuasi pendapatan masyarakat Kota Lubuklinggau.
Selain itu lanjut Syamsuar, upaya Pemkot Lubuklinggau menggalang dana PKBL kepada BUMN/Perbankan/PT (investor) telah ada wujudnya antara lain, PT BRI (Persero) Cabang Lubuklinggau pada tahun 2013 ini mengucurkan pinjaman melalui kegiatan PKBL sebesar Rp 500 juta bagi pelaku usaha kecil dan koperasi di Kota Lubuklinggau dengan target 100 orang pelaku usaha. Untuk itu diharapkan SKPD dan masyarakat harus BISA (Brain, Inovatif, Speed dan Acuntability) untuk menyerap dana yang telah disediakan tersebut.
Kemudian, PT Bank SumseBabel Cabang Lubuklinggau telah berkontribusi dengan memprogramkan kredit tanpa agunan (KUM) untuk 100 orang pelaku usaha mikro dengan maksimal pinjaman sebesar Rp 10 juta. Program ini telah diajukan oleh Pemkot Lubuklinggau dengan subsidi bunga.
Terakhir PT Telkom (Persero) Kandatel Lubuklinggau berkontribusi kepada Pemkot Lubuklinggau dengan mengucurkan kredit sebesar Rp 603 juta bagi 27 orang pelaku usaha kecil dan koperasi.
Ketua Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Lubuklinggau, Taufik Hidayat dalam kesempatan itu memaparkan panjang lebar tentang perkembangan perbankan di Kota Lubuklinggau. Untuk wilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas, perputaran dana dari nasabah mencapai 2,3 triliun lebih.
Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyambut baik partisipasi positif dari pihak BUMN guna menunjang program pembangunan di Kota Lubuklinggau khususnya untuk menopang gairah berusaha para pengusaha kecil dan koperasi. Untuk itu, dirinya meminta kepada para penerima bantuan agar memanfaatkan dana yang ada tersebut dengan sebaik-baiknya. Pemkot Lubuklinggau terus berusaha memberikan perhatian serius agar tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Lubuklinggau semakin meningkat sebagaimana harapan kita semua. (abu)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Wako Serahkan Secara Simbolis Kredit PKBL, KUM dan PUKK "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA