Tingkat Kemiskinan Masyarakat Sekitar Pantai Cukup Tinggi



SURABAYA, SMN - Luas wilayah Provinsi Jawa Timur  47.154 km², dikelilingi lautan  seluas 110.000 km², kaya akan sumber daya alam, tentunya apabila masyarakat bisa memanfaatkannya secara benar maka kehidupan masyarakatnya cukup sejahtera. Tetapi pada kenyataannya, 60 persen atau 240 ribu rumah tangga (RT) penduduk Jawa Timur yang tergolong keluarga sangat miskin adalah nelayan atau masyarakat yang hidup di sekitar pantai.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur saat membuka Rapat Kerja Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur Tahun 2013, di Novotel Hotel Surabaya, Senin (25/3).
Lebih lanjut disampaikan, sesuai dengan visi dan misi Pemprov Jatimtelah meluncurkan program pembangunan yang bertujuan untuk percepatan pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat, antara lain Jalin Kesra, pemberian kredit dengan bunga lunak yang telah diluncurkan oleh Bank Jatim dan BPR atau Bank UMKM.
“Masyarakat kurang mampu termasuk nelayan sebaiknya tidak diberi bantuan modal secara hibah, karena tidak mendidik. Maka Pemprov Jatim melalui Dinas Perikanan dan Kelautan memberi bantuan modal kepada nelayan atau masyarakat sekitar pantai dengan bunga lunak melalui BPR atau Bank UMKM. Mereka diberi pendidikan agar berusaha untuk mengembalikan kredit secara rutin”, ungkapnya.
Pemberian kredit dengan bunga lunak, dan progrma pembangunan untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat terus dikembangkan Pemprov. Jatim, hal tersebut telah terbukti menekan angka kemiskinan. Sehingga pembangunan yang ada berdampak mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang inklusif artinya pertumbuhan ekonomi meningkat tetapi dibarengi dengan menyempitnya disparitas antar daerah. Pertumbuhan ekonomi Pemprov Jatim merupakan agregat dari pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota.
Diharapkan dengan diadakannya Raker Pembangunan Perikanan dan Kelautan dapat menghasilkan rumusan yang dapat dipakai sebagai dasar pembuatan kebijakan Pemprov Jatim yang berguna untuk penigkatan hasil produksi perikanan laut dan darat, serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat nelayan.
Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Jatim Ir.  Kardani, MM mengatakan bahwa sektor pertanian tahun 2012 mengalami pertumbuhan sebesar 3,49 persen termasuk di dalamnya sub sektor perikanan memberikan kontribusi sebesar 1,92 persen atau setara 19,24 trilyun. Keberhasilan tersebut dapat dicapai dengan adanya program prioritas yang meliputi pengembangan perikanan budidaya, perikanan tangkap, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, pengelolaan kelautan pesisir dan pengawasan serta adanya program pendukung yaitu PNPM Mandiri Kelautan dan Perikanan, serta Jalin Kesra yang bertujuan mengurangi angka kemiskinan di Jatim.(sam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tingkat Kemiskinan Masyarakat Sekitar Pantai Cukup Tinggi"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA