Wabup Widjono Membuka Musrenbang Kabupaten Jombang 2013



JOMBANG, SMN - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2014, di Kabupaten Jombang diselenggarakan pada 26-27 Maret 2013 bertempat di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang. Musrenbang kali ini bertemakan, “Memantapkan Daya Saing Dan Perbaikan Infrastruktur Bagi Kesejahteraan Rakyat Jombang”.

Musrenbang yang dibuka oleh Wakil Bupati Jombang Drs. H. Widjono Soeparno, MSi tersebut dihadiri oleh Forpimda, Kepala Badan Perencanaan Daerah Jawa Timur, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Ketua DPRD, perwakilan pemerintah daerah kabupaten /kota yang berbatasan dengan Jombang, SKPD, Organisasi Profesi, Perguruan Tinggi, LSM, unsur pers juga delegasi Kecamatan.
Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Jombang, Ir. Yudhi Adriyanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang kabupaten diantaranya adalah menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten Jombang dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran Pembangunan Daerah Propinsi. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada tahapan sebelum musrenbang kabupaten. Mempertajam indicator kinerja program dan kegiatan prioritas serta menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.
Usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan oleh kecamatan yang merupakan hasil Musrenbang Desa/Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPD, dan Penyelarasan Usulan Musrenbang Kecamatan serta SKPD. “Tahapan Musrenbang tingkat desa dan kelurahan disinergikan dengan musyawarah PNPM telah dilaksanakan pada Desember 2012 hingga Januari 2013. Dalam musrenbang ini telah muncul sebanyak 3.217 usulan dengan alokasi anggaran 1,2 Trilyun lebih. Hasil rekapitulasi Musrenbang tingkat kecamatan yang digelar pada 11-19 Pebruari 2013 muncul 3.217 usulan dengan jumlah anggaran Rp 1.266.788.361.206,- . Sedangkan Rancangan kerja pada forum SKPD bersama stakeholder serta delegasi kecamatan muncul usulan kegiatan sebanyak 2952 dan alokasi anggaran Rp 680.475.192.157,-“, papar Yudhi Adriyanto.
Sementara, Kepala Badan Perencanaan Daerah Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Dan Kemasyarakatan , Ir. Sahid Haksoro Umar Sidik diantaranya menyampaikan tahapan penyusunan RKPD 2014 melalui 5 (lima) pendekatan perencanaan. Yaitu, Teknokratik, menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah dalam memformulasikan Hambatan, Tantangan, dan Peluang untuk menentukan target kerja pembangunan. “Dalam penyusunan RKPD harus memperhatikan isu global yang sedang berkembang, bahwa perdagangan bebas harus diimbangi dengan nasionalisme”, cetus Sahid .
Ketua DPRD Jombang, Bahana Bela Binanda pada kesempatan tersebut menyampaikan 12 pokok pikiran DPRD yang merupakan masukan dari hasil serap aspirasi. Pokok pikiran tersebut diantaranya efisiensi dan percepatan penyerahan urusan dari pemerintah kabupaten ke pemerintahan desa dalam implementasinya harus dibarengi anggaran. Peningkatan pelayanan public, utamanya pelayanan administrasi yang proporsional sesuai dengan asas akuntabilitas, transparansi sesuai standart pelayanan minimal. Peningkatan pemberdayaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Peningkatan layanan pada keluarga miskin, baik dalam hal pendataan, perlu adanya sosialisasi program dan evaluasi. Optimalisasi asset daerah dalam rangka meningkatkan PAD dan kapasitas keuangan daerah. Peningkatan program ekonomi kerakyatan serta pemberdayaan koperasi yang menunjang perekonomian nasional. Peningkatan kwalitas infrastruktur daerah disesuaikan dengan. Peningkatan sarana prasarana pelayanan umum dengan memperhatikan aspek kemanfaatan. Peningkatan pembangunan bidang spiritual/keagamaan dan pengembangan budaya daerah local dalam rangka penguatan jati diri dan karakter masyarakat Kabupaten Jombang serta menjaga nilai-nilai kearifan lokal. ”Ini sangat penting sebagai filter arus budaya yang dibawa oleh globalisasi”, pungkas Bahana Bela Binanda.
Wakil Bupati Jombang Widjono Soeparno dalam sambutannya antara lain menyampaikan prioritas pembangunan kabupaten Jombang tahun 2014. Antara lain penguatan ketahanan pangan, peningkatan efektifitas penanggulangan kemiskinan, kualitas infrastruktur daerah, kualitas pelayanan dasar pada masyarakat, penguatan daya dukung lingkungan hidup, peningkatan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan peran pemuda, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penumbuhan kawasan strategis dan cepat tumbuh, pelestarian kearifan dan budaya local. “Mari kita bangun komitmen bersama untuk melaksanakan hasil-hasil musrenbang guna mewujudkan pemerintah Kabupaten Jombang menjadi lebih baik”, pungkas Wabup Widjono.
Wabup Widjono juga berpesan bahwa tahun 2013 ini adalah tahun pilitik. Pilkada Bupati, wakil Bupati, Gubernur, wakil Gubernur akan digelar. Untuk itu kepada masyarakat Jombang dihibau untuk menyikapi pesta domokrasi 2013 secara cerdas. “Mari kita berkomitmen untuk tetap menjaga kerukunan kebersamaan dan konsdusifitas Kabupaten jombang”, himbau Wabup Widjono. (bam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Wabup Widjono Membuka Musrenbang Kabupaten Jombang 2013"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA