65 Akte Kelahiran Diterbitkan Gratis



MALANG, SMN - Akte kelahiran merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang, untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidupnya, seperti untuk kebutuhan pendidikan hingga pekerjaan. Terkait hal tersebut, di Kota Malang masih banyak warganya yang belum mempunyai akte kelahiran ini.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihak Pemkot Malang melalui Dispendukcapil membantu pengurusan/penerbitan akte kelahiran yang terlambat. Seperti pada hari ini, Selasa (26/03) diadakan pendampingan penerbitan akte kelahiran terlambat dengan penetapan pengadilan. Kepala Dispendukcapil, Dra. Metawati Ika Wardani, M.Si mengatakan, untuk tahap pertama ada 65 orang dari 375 yang dibantu penerbitan akte kelahirannya.  
Sedangkan biaya penerbitan tiap akte kelahiran, menurut Meta, sekitar Rp. 199 ribu. Untuk persyaratan penerbitan akte kelahiran seperti halnya KTP, KK dan lain-lain harus dipenuhi oleh yang bersangkutan. "Gelaran ini dalam rangka HUT Kota Malang ke 99, dan program ini difokuskan untuk warga tidak mampu yang ada di Kota Malang. Akte kelahiran ini akan jadi dalam waktu 2 minggu dan yang sudah jadi akan diserahkan secara simbolis pada upacara HUT Kota Malang pada 1 April mendatang," jelasnya.
"Bagi warga yang mengurus akte kelahiran ini tidak dikenakan biaya, alias gratis, karena semua biaya sudah ditanggung oleh APBD Kota Malang. Kami berharap, dengan adanya program ini, tidak ada warga yang tidak mempunyai akte kelahiran. Terpenuhinya akte kelahiran ini juga sekaligus untuk mendukung program Kota Malang sebagai kota layak anak (KLA)," papar Meta.
Meta menambahkan, bahwasannya program ini merupakan suatu kesempatan yang baik bagi warga Kota Malang yang belum mempunyai akte kelahiran, serta terlambat dalam penerbitannya. "Untuk penerbitan akte tahap kedua, waktunya akan segera menyusul, karena berkas yang masuk masih akan kami periksa secara detail. Kalau ada persyaratan yang masih kurang, maka kami akan segera memberitahu kepada yang bersangkutan untuk dipenuhi," tegasnya. (hms/jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "65 Akte Kelahiran Diterbitkan Gratis"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA