Pembukaan Rumah Cagar Budaya Dr Moehammad Saleh oleh Wakil Walikota Probolinggo



PROBOLINGGO, SMN - Dalam rangka mewujutkan kota pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (DISPOBPAR) Kota Probolinggo mendapat kepercayaan menjadi pengelola asset peninggalan DR. Moehammad Saleh berupa Rumah cagar budaya dari yayasan Bumi Saleh yang dikelola oleh anak keturunan dr. Saleh, yang hari ini (26/3) resmi dibuka secara umum.
Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Probolinggo Drs.H.Bandyk Soetrisno MSi, Kepala FKPD, Kepala Dinas, Kabag, dan seluruh anggota yayasan Bumi Saleh, serta para undangan lainnya.

Dalam acara tersebut Kepala Dispobpar, Paeni Efendy selaku penyelenggara menjelaskan terkait hal tersebut mengatakan bahwa, “Tugas utama Pemkot adalah untuk melestarikan cagar budaya yang sesuai dengan amanat Undang Undang no10 tahun 2011 tentang cagar budaya dengan amanat undang undang tersebut, tidak ada lagi alasan bagi Pemerintah kota mengabaikan bangunan yang dikategorikan sebagai cagar budaya
Dikesempatan lain Paeni Efendy juga mengatakan memang rumah cagar budaya Dr. saleh ini perlu diadakan pembenahan namun masih menunggu anggaran, dan mungkin menunggu PAK bulan depan, Sedang dari pihak Yayasan Bumi Saleh yang diwakili oleh salah seorang cucu DR. M. Saleh yaitu Buchori Saleh mengharap bahwa rumah kakeknya ini tidak menjadi monument yang mati, dan dapat ditularkan nilai nilai sejarah perjuangannya kepada pengujung.
Wakil Walikota Probolinggo H.Bandyk menjelaskan bahwa sesuai Program Pemerintah Kota yang menginginkan kota Probolinggo menjadi kota Pariwisata, maka atas nama Pemerintah Kota H. Bandyk mengucapkan banyak terimakasih kepada kluarga besar DR. Moehammad Saleh yang telah bekerjasama dengan pemkot.
Lebih lanjut H.Bandyk mengungkapkan bahwa sector ekonomi kota Probolinggo sekarang bukan lagi ekonomi pertanian namun sekarang sudah berubah, terkait Pariwisata di kota Probolinggo H. Bandyk menjelaskan bahwa banyak diwilyah kota ini peninggalan peninggalan sejarah yang harus terus dilestarikan. H. Bandyk mengharap masyarakat kota Probolinggo dapat menjaga Rumah Cagar Budaya ini yang nantinya sebagai suguhan kepada para Wisatawan yang hadir di kota Probolinggo. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pembukaan Rumah Cagar Budaya Dr Moehammad Saleh oleh Wakil Walikota Probolinggo "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA