Surabaya Raih Juara I IGRA 2012



SURABAYA, SMN - Kota Surabaya meraih juara I pelestarian lingkungan hidup dari Indonesian Green Region Award (IGRA) 2012 untuk kategori kota. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi, Rabu, mengatakan, penerimaan penghargaan untuk Kota Surabaya diwakili Asisten II Sekkota Surabaya Muhlas Udin di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (11/12) malam. "Dari tiga kali penyelenggaraan IGRA, ini adalah kali kedua Surabaya meraih predikat juara I setelah sebelumnya pada 2011, juga menyabet award yang sama," katanya.

Sedangkan, lanjut dia, perhelatan pertama IGRA hanya diperuntukan bagi level provinsi. IGRA sendiri merupakan penghargaan yang diberikan kepada daerah yang dianggap memiliki komitmen, perhatian, serta program nyata terkait isu lingkungan hidup dan pengagasnya yakni Majalah SWA dan Kantor Berita Radio 68H.
Musdiq menuturkan salah satu kunci kesuksesan Surabaya yaitu adanya inovasi dan konsistensi dalam penataan ruang terbuka hijau (RTH), penghematan energi, pengelolaan sampah dan lain sebagainya.
Pemerintah Kota Surabaya, kata dia, dinilai mampu membangkitkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama terlibat aktif dalam program-program berbasis lingkungan.
Musdiq juga menjabarkan program-program Pemkot yang berkaitan dengan lingkungan hidup yakni yang pertama, Program "Zero Waste" yakni upaya pengurangan sampah yang dimulai dari sumbernya.
Langkah peminimalan sampah kini tak hanya dilakukan di tempat-tempat pembuangan sampah, melainkan sudah diantisipasi sejak dari awal sampah tersebut diproduksi. Dengan konsep daur ulang, terbukti mampu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke lokasi pembuangan akhir (LPA). "Meski warganya semakin padat, namun sampah yang masuk ke LPA tiap tahun semakin berkurang," katanya.
Menurut dia, kegiatan pengelolaan sampah di Surabaya memiliki nilai ekonomis. Ini juga menjadi keunggulan program tersebut. Sekarang sudah banyak dijumpai bank-bank sampah di beberapa kampung. Dari situ, warga bisa memetik manfaat ekonomis kendati nominal uangnya tidak terlalu besar. Selain itu, barang daur ulang yang dihasilkan bisa dijual dengan harga yang kompetitif. "UKM-UKM yang produknya daur ulang sudah mulai menjamur. Kualitas barangnya juga sangat bagus dan diminati banyak orang," ujarnya. (Mul)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Surabaya Raih Juara I IGRA 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA