3 BUMN Resmikan Pabrik Gula Termodern



BANYUWANGI, SMN - Tiga BUMN bidang perkebunan yakni PT Perkebunan Nusantara III, PT Perkebunan Nusantara XII dan PT Perkebunan Nusantara XI meresmikan  pembangunan pabrik gula berkapasitas 6.000 ton tebu per hari di Kebun Kalirejo Kecamatan Glenmore Banyuwangi.
Pabrik ini diperkirakan merupakan pabrik termodern yang menggunakan teknologi "deteksi remelt karbonatasi" untuk menghasilkan gula putih premium.
Pabrik ini juga dirancang secara terpadu dengan kapasitas 5.000 TCD dan bisa menghasilkan pula bahan baku listrik, pupuk dan ethanol. Dana investasi pabrik termodern di Indonesia ini menelan anggaran Rp1,6 triliun dan dijadwalkan beroperasi pada giling tebu perdana pada 2015.
Kebutuhan bahan baku tebu pabrik gula tersebut didukung ketersediaan lahan awal seluas 6.000 hektare milik PT Perkebunan Nusantara XII (Persero). Selain itu akan menyerap tebu rakyat dan perusahaan swasta sebagai lahan kebun tebu plasma.
"Harapan kami pembangunan pabrik gula PT Industri Gula Glenmore ini bisa lancar dan tidak ada halangan," kata Dirut PTPN XII Irwan Basri, saat memberikan penjelasan dihadapan Deputi Menteri BUMN, Direksi PTPN III dan Direksi PTPN XI serta Muspida Banyuwangi, Rabu (12/12/2012).
Rencana awal peresmian Pabrik Gula Glenmore ini dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, namun batal dan diwakili Deputi Kementerian Bidang Usaha Industri Primer M Zamkhani. Pihak Pemkab Banyuwangi juga telah menyatakan dukungannya dengan menyiapkan lahan seluas 40 ribu hektare (ha) untuk mendukung rencana pendirian pabrik bahan baku gula itu.
Di Banyuwangi sendiri terdapat lahan tebu cukup luas, tetapi hasil tebangan komoditas itu selama ini dipasok ke pabrik gula berlokasi di kabupaten lain seperti Probolinggo, Pasuruan dan Jember. Diproyeksikan pada 2015 sudah mulai melakukan giling perdana dengan kapasitas 6.000 ton tebu per hari dengan rendemen tebu diharapkan mencapai 10 persen.
Pabrik gula ini merupakan sinergi PTPN III yang berkantor pusat di Medan, PTPN XII dan PTPN XI yang berkantor pusat di Surabaya dengan komposisi kepemilikan saham 60 persen:30 persen:10 persen. Rencananya, PT Industri Gula Glenmore ini akan diisi Komisaris Utama Nurhidayat dan dua komisaris lainnya serta Direktur Utama Ade Prasetyo dan dua direksi lainnya. (har/pin)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "3 BUMN Resmikan Pabrik Gula Termodern"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA