Sukseskan Penanaman 1 Milyar Pohon Tahun 2012



KEDIRI, SMN - Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2008, Pemerintah telah menetapkan tanggal 28 Nopember diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).
Peringatan ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan budaya menanam di masyarakat. Tercatat program penanaman yang telah dilaksanakan oleh pemerintah antara lain Aksi Penanaman Serentak Indonesia, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Pencanangan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, Satu Orang Satu Pohon (One Man One Tree ) serta penanaman 1 milyar pohon.

Puncak acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Kabupaten Kediri akan digelar pada Jumat pagi, 7 Desember 2012. Kegiatan yang diagendakan bertempat di lapangan Dusun Bloran, Desa Canggu, Kecamatan Badas ini akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati, pimpinan DPRD, Dandim, Sekda, ketua TP PKK, ketua Dharma Wanita Persatuan, Adm. Perum Perhutani KPH Kediri, Dirut PTPN X, PTPN XII, pejabat dan karyawan di lingkungan Pemkab Kediri, TNI, instansi pemerintah dan swasta, BUMD, TP. PKK Kecamatan se- Kab. Kediri, pelajar, mahasiswa, LSM dan masyarakat.
Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno menyampaikan bahwa program penanaman satu milyar pohon pada hakikatnya merupakan bentuk komitmen bersama dalam upaya penurunan emisi untuk mengantisipasi pemanasan global serta upaya pengurangan deforestasi. Tentu saja program penghijauan ini akan dapat berjalan dengan sukses jika semua pihak ikut berpartisipasi.
“Mulai dari individu, keluarga, kelompok, desa, kecamatan hingga pemda harus mengupayakan penanaman pohon dimulai dari sekarang. Jangan hanya menanam saja, tapi juga harus dirawat. Sehingga dalam waktu 5-10 tahun mendatang, kita dapat menikmati bumi yang indah dan hijau berseri serta jauh dari ancaman bencana alam” tutur Bupati Haryanti.
Lebih lanjut Bupati Haryanti juga mengajak kalangan pendidikan mulai TK hingga SMU untuk melaksanakan program Sekolahku Hijau dan Sehat dengan cara menanami halaman sekolah masing-masing. “Untuk murid-murid sekolah, mari menanam mulai dari sekarang, karena pohon yang kalian tanam, akan bermanfaat untuk masa depan kalian” ajak Haryanti.
Bupati Haryanti juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri untuk menyukseskan kegiatan ini. “Saya harap kepada warga masyarakat yang mendapatkan bibit pohon dari pemerintah agar menanam dan merawatnya, sehingga pohon akan hidup dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak,” imbuhnya. [adv/hms/kan]
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sukseskan Penanaman 1 Milyar Pohon Tahun 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA