Debat Bahasa Inggris SMANSA Denpasar Borong Piala



DENPASAR, SMN - Dalam berprestasi, SMA Negeri 1 Denpasar merupakan salah satu gudangnya. Tidak saja pada level regional, sekolah bernama beken SMANSA ini juga bertaring pada kancah nasional bahkan dilevel internasional.
Prestasi teranyarnya, menjadi juara pada debat Bahasa Inggris atau debate English yang digelar sepanjang 2012 ini. Tak tanggung-tanggung, semua kategori juara, beregu dan perorangan diborong dan berturut-turut dimenangkan oleh siswa perwakilannnya.

Pada gelar lomba tingkat provinsi contohnya, debat Bahasa Inggris antar SMA se-Bali, piala juara 1 dimenangkan oleh tim siswa SMANSA. Dinyatakan sebagai 3 The Best Speaker, serta memboyong piala juara 2, juara 3 dan juara 4 pada level perorangan. Dan atas kemenangan itu, tim siswa sekolah dikepalai Drs. I Nyoman Purnajaya, M.Pd ini akan maju mewakili Provinsi Bali pada lomba sejenis tingkat nasional.
Pada lomba debat Bahasa Inggris digelar oleh Kementerian Pendidikan Nasional pada tingkat Kota Denpasar yang digelar sebelumnya, piala juara I kembali direbut oleh tim SMANSA. Selanjutnya dinobatkan menjadi perwakilan Kota Denpasar untuk maju ke tingkat provinsi.
“Pada lomba debat Bahasa Inggris digelar Jakarta Pos, juga tim siswa kami yang menjadi juara I. digelar pada 22 September lalu,” ujar Dra. I Gusti Ayu Wardani, guru Bahasa Inggris SMAN 1 Denpasar yang juga sebagai Pembina. Jum’at, 23 November 2012.
Lomba debat Bahasa Inggris berikutnya, Ayu Wardani menuturkan, diselenggarakan oleh Poli Teknik Negeri pada 27-28 Oktober lalu. Dan lagi-lagi, piala juara I diboyong oleh tim siswa SMANSA. Pun demikian pada lomba yang digelar Fakultas Ekonomi Unud, atau pada ESF (Economic Science Fair) pada 15-16 November 2012. Piala juara I dimenangkan oleh tim yang terdiri dari Aldwin Oktapianus Wijaya, Hansen Tanaka dan Kaisar Narania Arganata.
“Sebagai the best speaker di grand final lomba tersebut, siswa kami bernama Aldwin Oktapianus Wijaya. Merupakan salah satu siswa dari tim yang menjadi juara I kategori beregu lomba di Fakultas Unud itu,” jelas Ayu Wardani.
Tak kalah mengagumkan dari prestasi SMANSA, penobatan sebagai the best speaker 1 dan 2 yang diraih oleh Jonatan Evert Rayon dan Sayu Aryantini Tanaya. Diakui guru Bahasa Inggris di SMANSA sejak 1987 itu, merupakan siswa kelas 10 sekolahnya. Disebutkan masih digolongkan dan duduk sebagai tim junior, namun mampu bersaing dengan siswa kelas diatasnya dari SMA se-Bali termasuk SMA menjadi rival tangguhnya.
“Yah, tentunya kami harus lakukan regenerasi. Mempersiapkan sejak dini penerus perjuangan para seniornya sebelum mereka duduk dibangku kelas 12. Karena, kegiatan apapun termasuk lomba, yang kami utus hanya dari kelas 10 dan kelas 11 saja. Siswa kelas 12 difokuskan khusus untuk menghadapi UN. Tidak diganggu urusan lain selain fokus pada pelajaran,” tandas Ayu Wardani, sembari menyebutkan, bahwa tidak ada teknik khusus dalam mempersiapkan siswanya menjadi jawara seperti disandang beberapa muridnya saat ini.
Selain pendalaman belajar berbahasa, baik saat pelajaran inti dan saat ekstra, dan dperketat saat menjelang lomba bersama Pembina yang lebih berpengalamanan dibidang itu. (Wir)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "Debat Bahasa Inggris SMANSA Denpasar Borong Piala "

  1. Kaizar says:
    December 27, 2012 at 8:20 PM

    Tolong diralat, Nama member tim SMAN 1 Denpasar yang juara pada lomba Fakultas Ekonomi Unud/ESF adalah : Kaizar Nararya Arganata Setiaji
    bukan Kaisar narania arganata -__-


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA