Hijaukan Bondowoso dengan Penanaman Satu Milyar Pohon



BONDOWOSO, SMN - Hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Maka, sangatlah penting menjaga kelestarian hutan dan perlu upaya serta kerja keras untuk menekan jumlah kerusakan hutan dan lahan kritis.
“Kita harus bekerjasama berupaya merehabilitasi hutan rusak atau lahan kritis dan terdegradasi. Untuk itu mari Hijaukan Bondowoso dengan Penanaman Satu Milyar Pohon,” kata Bupati Bondowoso Amin Said Husni dalam acara Penanaman Satu Milyar Pohon 2012 di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin. Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon merupakan gerakan nasional dan upaya nyata seluruh komponen bangsa untuk menanam pohon paling sedikit 1 Milyar Pohon setiap tahun.

Dikatakannya, pemilihan tema itu dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai komitmen tinggi, khususnya Bondowoso dalam melaksanakan upaya rehabilitasi hutan dan lahan, serta konservasi lingkungan termasuk biodiversitasnya. Dengan momentum ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat, motivasi dan budaya masyarakat Bondowoso untuk menanam dan memelihara pohon lebih giat dan lebih banyak lagi. “Ciptakan Bondowoso lebih Hijau dengan gerakan menanam, demi kepentingan generasi penerus bangsa dimasa mendatang,” tegasnya.
Sebelum Bupati memberikan sambutan, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bondowoso, Ir. Matsakur melaporkan bahwa untuk mensukseskan program Penanaman Satu Milyar Pohon dan Bulan Menanam Nasional, pihaknya mencatat dari 3.850.000 menanam pohon sesuai program yang ditetapkan Pemkab Bondowoso, terdapat 6.790.444 yang terealisasi. “penanaman tahun ini mencapai target, bahkan telah melebihi target yang telah ditetapkan,” ujarnya.
Data tersebut, menurutnya diperoleh dari berbagai instansi pemerintah, pihak swasta dan LSM. Matsakur menambahkan, keterlibatan semua pihak dalam pengelolaan pohon sudah terjalin dan akan terus ditingkatkan. Beberapa diantaranya yang bekerjasama dengan Dishutbun dan terlibat dalam mensukseskan adalah organisasi Ibu-ibu Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon, Perum Perhutani, BP DAS pada program Kebun Bibit Rakyat. Pada acara tersebut, Bupati memberikan penyerahan bantuan bibit secara simbolis kepada beberapa kelompok serta melepas burung merpati bersama Ketua DPRD sebagai tanda dimulainya Penanaman Satu Milyar Pohon di Bondowoso.
Setelah itu, Bupati beserta Istri didampingi jajarannya menanam pohon di area sekitar lapangan Desa Sumber Malang. Begitu juga dengan anggota Muspida. Hadir dalam acara tersebut, jajaran Muspida, tokoh masyarakat, LSM Lingkungan, dan berbagai elemen masyarakat. (yus)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Hijaukan Bondowoso dengan Penanaman Satu Milyar Pohon"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA