2,8 Juta Pohon Ditanam untuk Kabupaten Kediri yang Indah dan Jauh dari Bencana Alam



KEDIRI, SMN - Sebanyak seribu orang lebih dari berbagai elemen masyarakat memadati lokasi penghijauan di lapangan Desa Canggu Kecamatan Badas pada Jum’at pagi. Tepat pada tanggal 7 Desember 2012 tersebut, Bupati Haryanti memimpin mereka dalam gerakan penghijauan yang diselenggarakan sebagai peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional di Kabupaten Kediri. Tema yang diusung pada penghijauan kali ini adalah sukseskan gerakan penanaman 1 milyar pohon di Kabupaten Kediri.

Diungkapkan oleh Bupati Haryanti, program penanaman satu milyar pohon pada hakikatnya merupakan bentuk komitmen bersama dalam upaya penurunan emisi untuk mengantisipasi pemanasan global serta upaya pengurangan deforestasi. Tentu saja program penghijauan ini akan dapat berjalan dengan sukses jika semua pihak ikut berpartisipasi.
“Mulai dari individu, keluarga, kelompok, desa, kecamatan hingga pemda harus mengupayakan penanaman pohon dimulai dari sekarang. Jangan hanya menanam saja, tapi juga harus dirawat. Sehingga dalam waktu 5-10 tahun mendatang, kita dapat menikmati bumi yang indah dan hijau berseri serta jauh dari ancaman bencana alam” tutur Haryanti.
Lebih lanjut Bupati Haryanti juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan gerakan menanam pohon ini. “Bagi masyarakat yang mempunyai pekarangan kosong, bisa minta bibit pohon kepada perangkat desa untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing” imbau Haryanti.
Ditemui di kesempatan yang sama, ketua panitia gerakan  penanaman 1 milyar pohon di Kabupaten Kediri yang juga menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dra. Wuryandani Yosep, M.Si menyampaikan bahwa penanaman satu milyar pohon ini dimulai pada tanggal 1 Pebruari 2012 dan berakhir pada 31 Januari 2013. “Penanaman satu milyar pohon merupakan lanjutan dari aksi penanaman serentak yang dimulai sejak tahun 2007 oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kediri. Untuk program penghijauan tahun ini sebanyak 2,8 juta tanaman akan ditanam di Kabupaten Kediri,  yakni 800 ribu ditanam di kawasan hutan dan 2 juta ditanam di luar hutan termasuk perkebunan” kata Wuryandani.
Pada gerakan penghijauan ini, Bupati Haryanti menyerahkan bantuan bibit kepada Ketua TP. PKK Kab. Kediri, Kepala Desa dan Perhutani. Bupati Haryanti, Wabup Masykuri, Muspida, Sekda Supoyo dan undangan yang hadir juga melakukan penanaman pohon di pingir lapangan Desa Badas.
Sementara 1000 orang lebih yang terlibat dalam gerakan penghijauan ini terdiri dari jajaran Muspida Kab. Kediri, BPDAS Brantas Surabaya, pejabat dan karyawan di lingkungan Pemkab Kediri, TNI, instansi pemerintah dan swasta, BUMD, PKK, Dharma Wanita, PTPN, Perhutani KPH Kediri, pelajar, mahasiswa, LSM dan masyarakat. (adv/hms/kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "2,8 Juta Pohon Ditanam untuk Kabupaten Kediri yang Indah dan Jauh dari Bencana Alam"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA