Pemkab Kediri Garap Wisata Alam Sumber Podang

KEDIRI, SMN - Pemkab Kediri terus berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sektor pariwisata. Dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri ke Kabupaten Kediri, diharapkan perekonomian rakyat juga naik. Masyarakat bisa menjual makanan, kerajinan dan jasanya kepada wisatawan.
            Setelah sukses menggarap Gunung Kelud yang mendapatkan penghargaan sebagai obyek wisata alam terbaik se-Jawa Timur tahun 2011 dan kawasan wisata Simpang Lima Gumul yang pengunjungnya mencapai 1000 orang per hari. Kini, Pemkab Kediri mulai menggarap kawasan wisata Sumber Podang yang terletak di Dusun Karangnongko Desa Joho Kecamatan Semen.

            Keseriusan itu ditunjukkan dengan observasi lapangan yang dilakukan oleh Ketua Tim Pertimbangan Percepatan Pembangunan Kabupaten Kediri (TP3 KK) Ir. H. Sutrisno, MM bersama Dinas Pariwisata, BPMD, PU, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Perikanan, Hutbun dan Humas pada Sabtu (8/12), usai Sholat Subuh di lokasi Wisata Sumber Podang.
            “Dulu sebelum ada wisata Gunung Kelud dan SLG, apa ada orang yang mengenal Kabupaten Kediri? Tetapi sekarang bisa dilihat, setiap hari SLG di kunjungi banyak orang. Semoga wisata ini bisa menaikkan perekonomian rakyat. Rakyat bisa menjual produknya kepada wisatawan,”. Jelas Sutrisno.
            Di lokasi wisata Sumber Podang Ketua TP3 ditemui oleh Kepala Desa Joho Sulastri dan Camat Semen. Sulastri menjelaskan keadaan dan harapannya ke depan tentang wisata Sumber Podang.
            “Selama ini, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumber Podang karena fasilitas di lokasi wisata masih minim, padahal Sumber Podang memiliki daya tarik yang tidak kalah dengan obyek wisata lain. Di sini pengunjung bisa menikmati wisata bendungan dan sungai dengan air yang jernih, pemandangan pegunungan yang indah serta udara yang sejuk. Tetapi fasilitas di sini masih minim. Jalan masih sempit dan berupa tanah, sehingga kalau hujan agak licin,” jelas Sulastri.
            Lebih lanjut, Sulastri berharap agar Pemkab Kediri menambah fasilitas di wisata Sumber Podang ini. “Saya berterima kasih atas kunjungan TP3 beserta dinas terkait ke sini, saya mohon agar fasilitas di lokasi wisata dilengkapi agar kunjungan wisatawan semakin banyak” imbuh Sulastri.
Sementara itu, Plt. Kabag Humas Pemkab Kediri, Edhi Purwanto mengatakan bahwa Pemkab terus berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui sektor pariwisata.
“Pagi ini, Ketua TP3 bersama dinas terkait mengadakan observasi lapangan di sini untuk mengembangkan wisata Sumber Podang, akses jalan yang masih berupa tanah dan sempit, akan dipaving dan dilebarkan. Panjang jalan sekitar 300 meter dan lebar 2,5 meter. Selain itu Pemkab juga akan merehab jembatan yang melintasi sungai, jembatan yang sempit akan dilebarkan. Pemkab juga akan membangun toilet dan gazebo untuk menambah kenyamanan wisatawan,” jelas Edhi.
Selain mengunjungi Sumber Podang, ketua TP3 juga mengunjungi wisata buatan Kampung Lebah yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Kampung Lebah menawarkan wisata dengan konsep desa wisata. pengunjung bisa melihat pemandangan Kediri di malam hari dari puncak bukit, selain itu juga ada hiking puncak wilis, permainan anak tradisional, outbond dan masih banyak lagi yang lainnya. (adv/hms/kan)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pemkab Kediri Garap Wisata Alam Sumber Podang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA