Rehab Gedung Sekolah Anggaran DAK & Bansos Kab Jember 2012. Ada Apa??



JEMBER, SMN - Rehabilitasi gedung sekolah yang anggarannya dari Dana Alokasi Kusus (DAK) Tahun 2012 ini cenderung digarap asas-asalan. Berdasarkan hasil pantauan,Suara Media Nadional (SMN), Banyak Kepala Sekolah yang kurang tahu tentang Bangunan dan semuanya dipasrahkan kepada kontraktor.

Namun cara pengerjaanya belum sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan cenderung melanggar Juklak dan Juknis.contoh salah satu SDN Sidomukti 2 dari Ratusan SDN yang menerima bantuan,dikerjakan sekcara Kontraktual yang secara sengaja atau tidak sengaja tidak memasang papan proyek dan masih banyak contoh lain, misalnya Besi kuda-kuda lama dipasang lagi, Kayu kusen lama dipasang lagi, Kusen cendela lama dipasang lagi, kayu-kayu yang keropos dipotong dan disambung lagi, yang keropos -keropos di dempul yang seharusnya tidak layak di pakai,dan lain-lainnya.
            Menaggapi hal tersebut, karena Proyek itu kontraktual ini sepenuhnya Tanggung Jawab siapa? Maka yang disayangkan disini kurangya pengawasan dari Dinas Pendidikan Pimpro dan Konsultan tanpa tidak menguasai Teknis Bangunan dan tidak mampu melaksanakan Pengawasan secara sempurna. Dan jangan seolah-olah tutup mata, bilamana hal tersebut dibiarkan, mana mungkin bisa Gedung Sekolah punya mutu sebagai gedung yang diharapkan oleh semua Masyarakat . 
            Menurut Pemantauan LSM Gebrak Hadi Pitono, Proyek DAK yang di Kontraktualkan terdapat banyak penyimpangan tentang kualitas Fisik bangunan. Contohnya Genteng, Gavalume/Baja Ringan, Kualitaas kayu dan lain-lain. Disamping itu Pimpro dan Konsultan tampaknya tidak menguasai teknis Bangunan dan tidak mampu melaksanakan pengawasan secara sempurna. Sehingga nampaknya ada pembiaran dari Pimpro dan Konsultan selaku pengawas Proyek.
            Kami menginginkan bahwa Proyek Sekolah harus dikerjakan secara bersungguh-sungguh, ini uang Rakyat jangan main-main dan ini untuk kepentingan Anak didik Bangsa, Sebagai generasi penerus kita nantinya. Maka kami menghimbau Kepada pihak Kepala Sekolah Dinas Pendidikan, Konsultan, tidak Sembrono dengan Proyek ini.
            Saat dikonfirmasi CV. Paramida Pratama, Tomas, selaku Kontraktor  yang mengerjakan Proyek DAK SDN Sidomukti 02 Kec.Mayang Mengatakan. Bersambung…..(di2k)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Rehab Gedung Sekolah Anggaran DAK & Bansos Kab Jember 2012. Ada Apa??"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA