Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur



JOMBANG, SMN - Soal ujian akhir semester untuk siswa madrasah aliyah (MA) yang dianggap melecehkan mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga ditemukan di Jombang, Jawa Timur. Soal itu diujikan pada Rabu (12/12/2012) kemarin.   
Hal itu ditemukan Latif Malik, guru MA Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. "Memang ada lima pilihan jawaban, tetapi semuanya mendiskreditkan Gus Dur karena semuanya kasus korupsi. Jadi, apa pun jawabannya, Gus Dur tetap dilecehkan,” kata Latif Malik, Kamis (13/12/2012).   

Pada soal butir 40 mata pelajaran Sejarah untuk kelas XII IPA dan IPS yang dibuat Badan Kerja Sama Madrasah Swasta (BKMS) itu tertulis pertanyaan, "Masa pemerintahan Abdurrahman Wahid tidak berjalan lama kurang dari satu tahun karena kasus: a. Bapindo; b. BLBI; c. Korupsi Anggaran; d. Buloggate, dan e. Singapuragate”.
Latif yang juga pengurus PC GP Ansor Jombang ini menengarai, pembuat soal sengaja mendiskreditkan panutan warga NU dan berupaya memutarbalikkan sejarah. Oleh karena itu, pihaknya meminta Kantor Kementerian Agama Jombang mengusut tuntas pembuat soal tersebut. "Ini juga pelecehan terhadap Gus Dur sebagai guru bangsa," cetusnya.   
Ketua Dewan Pendidikan Jombang, Junaidi Hidayat, menyatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari guru Madrasah Aliyah Tebuireng terkait soal yang dinilai sangat tak pantas tersebut. "Kelihatannya, ada upaya mengulang kasus seperti Sutan Bhatoegana kemarin agar warga NU bergejolak," ujarnya. Karena itu, Dewan Pendidikan, lanjut Junaidi, meminta pihak-pihak terkait mengusut tuntas pembuat soal. “Mudah untuk mengungkap siapa dalang pembuat soal yang sangat melukai hati warga Nahdliyin ini, jangan sampai warga NU kembali bergejolak,” ujarnya. (bam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Soal UAS di Jombang Pun Lecehkan Gus Dur"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA