Diseminasi Pola Pembiayaan (Lending Model) Budidaya Nanas



 KEDIRI, SMN - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri pada 4 Desember 2012 yang lalu telah mengadakan Diseminasi pola pembiayaan (lending model) budidaya nanas yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, pada sambutannya pimpinan Bank Indonesia KP Kediri mengatakan memasuki era pasar bebas ini tiap-tiap daerah harus memeliki produk unggulan yang dapat dijadikan ikon, sehingga daerah tidak akan hilang jati dirinya, pada kesempatan ini kami mengajak UMM untuk membantu para pembudidaya nanas Kediri bisa go internasional dengan prodduk-produknya terutama nanas dan pihak perbankan dapat membantu mereka meningkatkan usahanya.

Diseminasi ini dihadiri oleh berbagai komponen baik dari pihak perbankan, birokrasi, petani nanas, gapoktan, dan juga dari KKMB. Dari paparan nara sumber/peneliti diketahui bahwa permintaan pasar luar dan dalam negeri terus meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan saat ini jumlah penawaran belum memenuhi jumlah permintaan. Dilihat dari aspek keuangan pembudidaya nanas akan dapat memenuhi standart perbankan, sehingga layak untuk dibantu dalam pengembangan budidaya nanas.
Dengan bantuan yang memadai, maka multiplier effectnya akan lebih banyak baik ke depan maupun ke belakang (backward and forward linkages). Dari kegiatan ini muncul beberapa permintaan diantaranya bahwa pihak pemerintah daerah maupun pusat dan pihak lain dapat meningkatkan perannya untuk memfasilitasi terjadinya pertemuan bisnis antara pihak yang berkepentingan dengan agribisnis nanas, hal ini untuk mempercepat terjadinya lemitraan yang saling menguntungkan. (red)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Diseminasi Pola Pembiayaan (Lending Model) Budidaya Nanas"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA