Peringatan Hari Jadi Blitar Ke-689



BLITAR, SMN - Senin 5 Agustus 2013 kabupaten blitar peringatan Hari Jadi Blitar ke 689 serta bertepatan dengan Ramadan 1434 Hijriah,. Meski bulan Ramadhan acara tetap berlangsung meriah. Ribuan warga mulai pimpinan daerah hingga desa di seluruh Kabupaten Blitar hadir di Pendopo Kabupaten Blitar.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan pasukan pengawal mengiringi kirab pataka (panji) dan pustaka (kitab) sejarah Kabupaten Blitar. Paling depan adalah Manggala Yudha diikuti pasangan raja dan permaisuri zaman Majapahit.
Juga ada prawiro utomo yang mengawal jalannya kirab. Dibelakangnya, pasukan pembawa foto-foto mantan bupati yang pernah menjabat di Kabupaten Blitar sejak berdiri pertama kali. Selain itu, juga dikirab tumpeng lanang-wadon dan diikuti bhayangkara-bhayangkari serta pager bagus dan pager ayu.
Saat mencapai pendapa, baru dilakukan penyerahan pataka dan pustaka kepada Bupati Blitar Herry Noegroho oleh Sekda Palal Ali Santoso. Kemudian, kedua benda bersejarah itu diletakkan di sisi kanan panggung kehormatan oleh Ketua DPRD Guntur Wahono. acara selanjutnya adalah pemasangan foto-foto mantan Bupati Blitar di dalam pendapa dan diteruskan Tari Gambyong, yang merupakan tari selamat datang. Juga pembacaan naskah serat kekancingan yang berisi sejarah berdirinya Kabupaten Blitar.
Dalam sambutannya, Bupati Herry Noegroho mengatakan, hari jadi yang ke- 689 bertepatan dengan bulan Romandan, bulan suci, dan penuh berkah. Sehingga semangat puasa lebih terasa yakni untuk lebih introspeksi ke depannya. ”Semangat puasa bisa menjadi penyemangat untuk melakukan introspeksi terhadap kinerja aparatur pemerintah selama ini”, ujar Herry Noegroho.
Tak lupa, Herry Noegroho juga mengucapkan selamat Hari Jadi Blitar kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blitar. Sebab, hari jadi ini bukan hanya milik pemerintah , tetapi juga milik bersama seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar serta dalam peringatan kali ini tidak semeriah dan seramai tahun-tahun yang lalu. Namun, dengan dilaksanakan dalam bulan Ramandan, justru bertambah sakral dan mendapat berkah. (mam)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Peringatan Hari Jadi Blitar Ke-689"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA