DPT Berkurang, TPS Tambah Banyak



MADIUN, SMN - KPUD dipastikan menambah jumlah kotak suara untuk Pilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim). Pasalnya, jumlah TPS yang dipersiapkan lebih banyak dibanding saat Pilkada Kabupaten Madiun, 19 Juni lalu. ‘’Untuk Pilgub Jatim ada peningkatan jumlah TPS. Dari 1.260 TPS saat pilkada menjadi 1.280 TPS,’’ ujar Wahyudi, anggota KPUD Kabupaten Madiun, Wahyudi.
Menurut dia, jumlah TPS ini berbanding terbalik dengan jumlah pemilih. Sesuai DPT Pilgub jumlah pemilih sebanyak 590.694 warga. Sedangkan DPT Pilkada Kabupaten Madiun jumlah pemilih justru lebih banyak yakni 594.128 warga.
Hal ini disebabkan, data pemilih banyak berkurang di sejumlah daerah. ‘’Berkurang karena ada ada warga yang meninggal hingga pindah keluar kota. Soal TPS yang bertambah, itu untuk memudahkan warga menggunakan hak pilihnya khususnya untuk daerah terpencil,’’ jelasnya.
Sementara itu, Polres Madiun juga menyiapkan 500 personel untuk pengamanan Pilgub Jatim. Personel tersebut akan diterjunkan saat masa kampanye empat pasangan calon di wilayah Kabupaten Madiun. ‘’Saat ini belum ada jadwal pasti. Tapi personel sudah kami siapkan,’’ ujar Kabag Ops Polres Madiun, Kompol Bambang Setiawan.
Jumlah personel kepolisian dipastikan bakal ditambah saat coblosan 29 Agustus mendatang. Tidak kurang dari 800 personel dari beragam kesatuan maupun polsek siap diterjunkan. Mereka akan menjaga ribuan TPS yang tersebar di 13 kecamatan. ‘’Untuk pengamanan TPS, kami menggunakan pola aman, yakni satu polisi untuk tiga TPS,’’ paparnya.
Bambang menyebut, ada delapan TPS rawan yang menyebar di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Saradan, Pilangkenceng dan Gemarang. Untuk TPS rawan, pihaknya menempatkan satu petugas kepolisian untuk satu TPS. ‘’Saat pilihan berlangsung, kami juga akan menjaga sejumlah objek vital,’’ katanya. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "DPT Berkurang, TPS Tambah Banyak"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA