Pedagang Ogah Jualan di Lantai Tiga, Pasar Umum Gianyar Semrawut



Gianyar, SMN - Pedagang Pasar Umum Gianyar yang memiliki tempat di lantai tiga, enggan berjualan di sana karena sepi pembeli. Para pembeli yang serba instan enggan naik ke lantai tiga Pasar Umum Gianyar. Terlebih, banyak pedagang bermobil di pelataran yang berjualan sama dengan dagangan mereka di lantai tiga.
Para pedagang lantai tiga ini akhirnya turun sama-sama berjualan di pelataran pasar dan trotoar jalan. Hal ini membuat pemandangan Pasar Umum Gianyar semrawut di pagi hari. Selain itu, suasana semrawut Pasar Umum Gianyar juga disebabkan oleh banyaknya pedagang bermobil yang menggelar dagangan di pelataran.

Hal ini terungkap ketika Tim Penertiban Pasar Kabupaten Gianyar melakukan sidak pasar, Sabtu (17/8) lalu. Sidak yang dipimpin Asisten II Setda Gianyar I Ketut Suweta didampingi Kepala Dinas Pendapatan I Putu Gede Bhayangkara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan I Gede Widharma Suharta, Kabag Ekonomi Gede Windia Berata, Kepala Satpol PP Kabupaten Gianyar I Gde Daging, serta unsur Bappeda dan Kesbanglinmas.
Menurut Kepala Pasar Gianyar Nengah Nama Artawa, pedagang yang memadati pelataran Pasar Umum Gianyar merupakan pedagang bakul yang berjualan di lantai tiga pasar. Mereka pindah berjualan ke bawah karena kondisi lantai tiga yang sepi dikunjungi pembeli. Asisten II Sekda Gianyar Ketut Suweta mengakui semrawutnya kondisi Pasar Umum Gianyar karena banyaknya pedagang bermobil yang menggelar dagangannya di bawah, sehingga mengambil ruang buat pedagang bakul. “Ketiadaan ruang inilah menyebabkan pedagang bakul meluber sampai ke jalanan,” jelasnya.
Tim mengimbau mereka untuk tidak menjajakan barang dagangan ke badan jalan. Kebijakan ini sambil menunggu penataan di dalam pasar. Sambil menunggu proses ini, pedagang diperkenankan sementara berjualan di sepanjang trotoar Jalan Beratha. Namun secara bertahap kondisi ini akan ditata dengan penertiban pedagang bermobil. Mereka akan merelokasi pedagang bakul yang masih berjualan di sepanjang jalan. Selain penataan, tindakan tegas dari petugas terhadap setiap yang melanggar menjadi kunci dalam mengatasi kesemrawutan Pasar Gianyar.
Selain penataan pedagang, penertiban parkir di seputar kawasan Pasar Gianyar juga akan dilakukan. Kata dia, tidak boleh lagi ada pengunjung yang parkir di depan pertokoan sebelah utara pasar (sepanjang Jalan Ngurah Rai). Selanjutnya parkir kendaraan roda empat diarahkan di Jalan Jata dan sepanjang Balai Banjar Teger ke Timur.
Seorang pedagang bermobil I Wayan Candri berjanji akan mematuhi aturan itu jika diberlakukan terhadap semua pedagang. ‘’Jangan sampai ada ketidakadilan,’’ ungkapnya. Saat ini, jumlah petugas pungut di Pasar Gianyar sebanyak 55 orang, petugas keamanan 18 orang, dengan jumlah pedagang bermobil 114, sementara pedagang bakul masih dilakukan pendataan. (wir)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pedagang Ogah Jualan di Lantai Tiga, Pasar Umum Gianyar Semrawut"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA