SATLANTAS POLRES PONOROGO, Adakan Pemeriksaan Kesehatan Sopir Demi Keselamatan



PONOROGO, SMN - Salah satu faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas karena kelalaian sopir dalam mengemudi. Banyak kecelakaan yang melibatkan bis karena kelalaian sang sopir, mungkin karena mengantuk bahkan kadang sopir dalam keadaan mabuk atau dalam pengaruh obat-obatan tertentu. Oleh karena itu Satlantas Polres Ponorogo secara periodik melakukan pemeriksaan kesehatan sopir bis dan angkutan umum lainnya.

Tidak lain tujuannya untuk memastikan bahwa para sopir tersebut dalam keadaan fit dan layak untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya. “Pemeriksaan kondisi dan kesehatan sopir bis dan armada lainnya kami lakukan demi menunjang keselamatan berlalu lintas yang melibatkan pelaku-pelaku kendaraan umum. Cek kesehatan ini meliputi test urine dan cek tekanan darah, dari hasil test ini dapat dilihat kondisi sopir tersebut apakah sedang ngantuk ataukah dalam pengaruh obat-obatan tertentu,“ jelas AKP. Dwi Agung Setyono, SIK Kasatlantas Polres Ponorogo.
Bagi sopir yang kondisinya kurang fit pihaknya menyediakan obat-obatan. Lebihlanjut Agung mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bis dan kendaraan umum lainnya ini akan dilakukan secara periodik setiap 3 atau 4 bulan sekali. Dan giat ini cukup efektif untuk menekan angka Laka Lantas yang melibatkan bis. “Alhamdulillah di Ponorogo jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bis sangat kecil, kami sudah survei ke armada bis yang ada di sini seperti Jaya dan Rosalia. Mudah-mudahan kedepan para sopir bis di Ponorogo makin sadar akan pentingnya menjaga kondisi dan kesehatannya, dan tidak mengemudi dalam kondisiyang dipaksakan. Sehingga tidak akan membahayakan keselamatannya sendiri maupun para penumpang,“ harap Dwi Agung.
Berbagai upaya yang dilakukan oleh Satlantas Polres Ponorogo tidak lain demi meningkatkan ketertiban dan keselamatan berlalu lintas masyarakat sehingga dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas. (any)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "SATLANTAS POLRES PONOROGO, Adakan Pemeriksaan Kesehatan Sopir Demi Keselamatan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA