Pengurus Kwartir Cabang Pramuka Dikukuhkan



TRENGGALEK, SMN - Revitalisasai gerakan pramuka yang dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah berjalan selama lima tahun.dengan tujuan utamanya adalah untuk memantapkan ekssistensi gerakan pramuka serta meningkatkan fungsi gerakan pramuka. Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian dari pendidikan nasional, bertujuan untuk membina kaum muda dalam mencapai potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual untuk membentuk, kepribadian dan akhlak mulia.

Menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara bagi kaum muda dan meningkatkan keterampilan sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal untuk masa depan.
 Selasa,22 januari 2013 bertempat di pendopo Kabupaten Trenggalek dilaksanakann Pengukuhan Pengurus Kwartir Cabang dan Orientasi Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .Pengukuhan Kali ini tampak istimewa dengan hadirnya Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulloh Yusuf atau biasa di sapa Gus Ipul. Kedatangannya tidak lain adalah untuk melantik Bupati Trenggalek Dr.Ir.H. Mulyadi WR.MMT sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek masa bhakti 2011-2016.acara ini juga di hadiri Wakil Bupati Trenggalek,SKPD dan seluruh Ketua Kwaran Trenggalek.
Bupati Trenggalek dalam sambutannya menerangkan bahwa dalam kurun waktu lima tahun kegiatan kepramukaan memang telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan diterbitkannya peraturan dasar hukum gerakan pramuka dengan ditetapkannya undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Undang-undang tersebut menjadikan gerakan pramuka bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi masa senggang kaum muda dengan berbagai kegiatan positif, akan tetapi telah meningkatkan menjadi undang-undang.Undang-undang kepramukaan dapat melaksanakan sistem pendidikan pramuka yang baru, mulai menggali potensi yang dimiliki, sangatlah tepat jika gerakan pramuka sebagai kegiatan ekstra kurikuler wajib di sekolah, karena melalui kegiatan pramuka dapat mempelajari berbagai aspek moral dan etika serta ketrampilan yang akan menjadi bekal hidup kelak.
Gus Ipul menambahkan sekaligus berpesan dalam sambutannya, agar seluruh pengurus gerakan pramuka tetap meningkatkan eksistensi di daerah.Tentunya melibatkan seluruh elemen warga. Gus ipul menginginkan jika Trenggalek ini bisa dijadikan contoh daerah lain dalam menggalang warga ikut pramuka. Jika pramuka ini sudah masuk desa, perlu dilaksanakan hingga tingkat rukun tetangga dan rukun warga.menurutnya gerakan tersebut merupakan kegiatan positif ketika para kepala desa dan ketua RT dan RW ini turut serta dalam pramuka tentu ini merupakan potensi besar, jika ingin menggelorakan semangat pramuka, dari mahasiswa hingga penggembala sapi.
Pasca pelantikan ini semua kegiatan yang di susun dalam program kerja mulai dilaksanakan.tentunya evaluasi merupakan langkah akhir untuk perubahan lebih baik. Trenggalek mempunyai potensi yang besar dalam gerakan kepramukaan, jika memungkinkan kemah kemerdekaan bakal di gelar di Trenggalek, ucap gus Ipul. (rud/hms)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "Pengurus Kwartir Cabang Pramuka Dikukuhkan "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA