Penilaian Lapangan, Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga dalam Kesatuan Gerak KB, PKK dan Kesehatan Tingkat Provinsi di Desa Pulung dan Kecamatan Pulung Bersama Bupati Ponorogo



PONOROGO, SMN - Pepatah mengatakan” Kebersihan Adalah Pangkal Kesehatan .” slogan itu ternyata benar, karena dengan menjaga kebersihan secara jasmani dan rokhani kita akan mendapat kesehatan, apalagi kalau masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat bisa rutin dilakukan oleh masyarakat setiap hari, maka niscaya banyak masyarakat yang kuat baik jasmani dan rokhani sepeti yang telah diharapkan bangsa dan Negara Indonesia. Bupati Ponorogo, H. Amin SH.

Kemarin pada hari Selasa 29/01 menghadiri dan membuka,” Penilaian Lapangan Pelaksana terbaik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) umah Tanggga Tingkat Propinsi.” desa Pulung kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. H.Amin menghimbau kepada semua masyarakat, “Budayakan hidup bersih dan sehat yaitu dengan cara mengkonsumsi empat sehat lima sempurna, bebas dari rokok dan selalu memperhatikan Posyandu. sebab itu sangat penting bagi kita karena dengan membudayakan hal tersebut masyarakat Ponorogo akan menjadi sehat dan kuat sehingga Negara kita akan menjadi Negara yang maju”, himbau H. Amin di dalam ceramahnya.
Lebih lanjut, Ketua Tim Penilai Propinsi Jatim, Ajeng Waluyo Kitowati Ssp.MM mengatakan,” Kesehatan merupakan investasi yang sangat berharga,” Kata Ajeng. Dia juga menjelaskan dengan kesehatan yang prima maka berdampak positif pada ekonomi,sosial dan pendidikan, serta berpengaruh kepada ketahan bangsa. Sebenarnya kesehatan bukan sesuatu yang mahal, jika sejak dini sudah kita tanamkan budaya perilaku bersih dan sehat kepada masyarakat,” Lebih baik mencegah dari pada mengobati.” Karena dengan mencegah kita bisa mengantisipasi penyakit, yaitu dengan cara menutup,mengubur dan menguras sehingga mencegah adanya perkembangan jentik-jentik nyamuk aedes agepty, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah diare dan juga menimbangkan bayi setiap bulan ke Posyandu terdekat untuk memantau tumbuh kembang bayi. Dan yang tidak kalah pentingnya adanya jamban keluarga yang sehat. Kalau beberapa hal ini dilakukan maka keluarga kita akan menjadi sehat. Pungkas Ajeng.
Lebih lanjut, Kepala Badan Keluarga Berencana Kabupaten Ponorogo, Adri Susilo MM juga menjelaskan,” Kebersihan dan Kesehatan bila kita budayakan, akan sangat membantu Program Keluarga Berencana Nasional, Karena dengan hidup bersih dan sehat kita semakin mudah untuk mengurus Keluarga”, jelas Adri Susilo. (Wid/Any)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Penilaian Lapangan, Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga dalam Kesatuan Gerak KB, PKK dan Kesehatan Tingkat Provinsi di Desa Pulung dan Kecamatan Pulung Bersama Bupati Ponorogo"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA