Pembangunan Terminal Pacitan Selesai Pada Tahun 2012


Diharapkan pembangunan terminal pacitan dapat operasional pada tahun 2013, juga  bukanlah menjadi tujuan akhir.
Ketersediaan prasarana jalan di kawasan Pansela
Pacitan, SMN - Pada sebagian besar daerah-daerah di Pansela, infrastruktur jalan sebagai urat nadi berkembangnya suatu wilayah, tidak memadai, sehingga menjadi kendala bagi pengembangan kawasan itu. Jalan-jalan lebih sempit dan berkategori jalan kelas kabupaten. Paling tinggi jalan kelas provinsi, khususnya sejumlah ruas jalan yang menghubungkan ibukota kabupaten.
Untuk menggerakkan denyut kehidupan di kawasan Pansela, infrastruktur menjadi faktor kunci, runyamnya, jalan lintas selatan (JLS) sepanjang sekitar 1,474 kilometer— meliputi Banten-Jawa Barat (421,7 km), Jawa Tengah (212,6 km), Yogyakarta (122,7 km), dan Jawa Timur (618,8 km)— belum terkoneksi, bahkan di Yogyakarta saja, yang ruasnya paling pendek, lahan yang dibebaskan baru 20,12 km. Dengan kondisi alam yang bergunung-gunung, memang pembangunan JLS membutuhkan biaya sangat mahal. Ambil contoh Jatim yang memiliki ruas JLS terpanjang, untuk menghubungkan delapan kabupaten, anggaran awal (2002) Rp 3,197 triliun membengkak jadi Rp 7,5 triliun. Pembebasan lahan termasuk lahan Perhutani bias pelik, karena itulah, lima pemerintah provinsi bersama 22 pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat harus punya komitmen kuat dan solid untuk mewujudkan urat nadi di kawasan selatan itu.
Untuk itu guna memenuhi dan menyikapi pertumbuhan ekonomi dan daya saing, maka penyelesaian pembangunan Terminal Pacitan, Jawa Timur, menjadi terminal Kelas A itu akan diselesaikan pada tahun 2012 ini. “Pembangunan tahap pertama tahun 2010 yang dimulai proses pengurugan, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua yaitu pada tahun 2011 dengan proses pengerjaan bangunan landasan bus antar kota  antar provinsi (AKAP) dan kios. Kemudian pada tahun 2012 ini merupakan pembangunan tahap yang ketiga akan dikebut penyelesaiannya, yang terdiri atas fasilitas penunjangnya dan proses finishing.
Dengan harapan, bahwa terminal pacitan bukanlah tujuan akhir daripada para pengguna jasa jalan, namun menjadikan tempat sebagai transit angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP), jelas Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Pacitan, Ir. Bambang Supriyoko, MP.
Disamping itu dengan dibangunnya terminal pacitan, Dinas Perhubungan dan Infokom Kabupaten Pacitan, mempunyai 5 (lima) slogan sebagai salah satu misi daripada pelayananan masyarakat, yaitu : “1. Kita Bergemar mengajak daripada masyarakat untuk berbudaya lalu lintas yang aman, 2. Mewujudakan perilaku orang yang berkonskuen untuk berlalu lintas, 3. Menyediakan sarana angkutan yang berkeselamatan bagi para pengunjung yang menggunakan sarana transportasi, 4. Mewujudkan sarana jalan yang berkeselamatan, 5. Meminimalkan tingkat fatalitas akibat dari kecelakaan.” Kata Bambang Supriyoko.
Mengingat sangat cepatnya laju pertumbuhan ekonomi, maka sangatlah diharapkan pembangunan terminal pacitan, sebagai pusat penggunaan jasa angkutan umum dan sarana transportasi segera terselesaikan. Agar dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat kabupaten pacitan dan masyarakat Indonesia pada umumnya. (Moel)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pembangunan Terminal Pacitan Selesai Pada Tahun 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA