Mura Akan Kembangkan KRPL


Musi Rawas, SMN - Pemberdayaan pekarangan rumah tidaklah dapat dianggap sepele, di daerah lain di pulau Jawa, pemberdayaan pekarangan sudah menjadi ladang bisnis rumahan jika dikelola dengan baik. Dalam rangka itulah Musi Rawas melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KPRL).
Program KPRL ini sendiri dilakukan dan didanai oleh Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah Provinsi Sumatera Selatan, namun dalam pelaksanaannya nanti akan dimotori oleh Badan Ketahanan Pangan (BKP) Mura. “Program i ni akan diujicoba di daerah F Trikoyo, Tugu Mulyo melalui program ini nantinya diharapkan tidak ada lagi pekarangan rumah yang tidak produktif,” ujar Ir Achmad Herman Kabid Kosumsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Musi Rawas.
Program ini nantinya akan melibatkan tiga kelompok Dasawisma, dalam satu kelompok akan melibatkan 10 kepala rumah tangga, kelompok ini nantinya akan dibina dan diasuh dalam memanfaatkan pekarangan rumah dengan baik dan benar serta memberikan manfaat bagi rumah tangga itu sendiri. “Tidak hanya itu setiap anggota nantinya akan diberikan bantuan bibit seperi, bibit sayuran, ternak dan ikan, untuk ikan sendiri nantinya mungkin akan menggunakan pola kolam terpal atau kolam gantung,” papar Herman.
Program ini sendiri kemungkinan akan dimulai pada April mendatang dan sebelum dilaksanakan akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, melalui program ini BKP berharap desa F Trikoyo dapat menjadi desa percontohan pemanfaatan pekarangan baik tingkat kabupaten maupun provinsi. “Kegiatan ini nantinya juga akan memerlukan koordinasi ke berbagai SKPD yang lain seperti dinas tanaman pangan, dinas perikanan dan kemungkinan dinas perkebunan juga akan dilibatkan,” tambah Herman. (yudi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Mura Akan Kembangkan KRPL"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA