Desa Morang Masuk Nominasi Penilaian Pelaksanaan Terbaik PHBS Tinggkat Nasional 2011


Madiun, SMN - Wakil Bupati Madiun Drs.Iswanto, M.Si berkenan menyambut tim penilai  lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan pelaksana terbaik PHBS Tingkat Nasional di Desa Morang Kecamatan Kare tanggal 21 Maret 2012.
Dalam mengawali sambutannya Wakil Bupati membacakan sambutan tertulis Bupati Madiun diantaranya menyampaikan bahwa dalam mensukseskan Program Keluarga Berencana dan Pembangunan di bidang Kesehatan telah dilaksanakan secara terpadu sejak tahun 1994. Hal tersebut mencerminkan adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat pusat sampai daerah agar hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat.
Lebih lanjut disampaikan bahwa  “Melalui langkah nyata kesatuan gerak PKK- KB- Kesehatan kita tingkatkan Pelayanan KB Kesehatan berkualaitas “ seluruh pengurus PKK Kabupaten Madiun dengan 10 program pokoknya telah berupaya dengan sungguh sungguh mendukung pelaksanaan program KB dan Kesehatan pada seluruh lapisan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan melalui program pemberdayaan kesehatan keluarga serta meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan KB dan Kesehatan yang dilakukan melalui kelompok Dasawisma, Posyandu, petugas pembantu KB desa, SUB PPKBD, Polindes, Pos Kesehatan Desa, Puskesmas .
Hasil yang dicapai sampai saat ini berbagai prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Madiun termasuk saat ini PKK Kabupaten Madiun dengan pelaksana terbaik PHBS di Desa Morang mampu menjadi nominasi di Tingkat Nasional yang saat ini ditindak lanjuti dengan penilaian di lapangan/ dimasyarakat desa Morang Kare ini . Dengan tingkat kesadaran yang cukup tinggi masyarakat mau dan mampu memahami 10 indikator pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat yang dilaksanakannya setiap hari, sehingga Desa Morang mampu menjadi Nominasi Tingkat Nasional pada lomba HKG KB- Kesehatan Jenis lomba PHBS .
Dalam kesempatan yang sama ketua Tim Penilai Lomba HKG KB- Kesehatan Jenis Pelaksana Terbaik PHBS pusat Ibu Susi Subekti dalam sambutannya mengawali penilaian diantaranaya menyampaikan bahwa di tahun ini Jawa Timur sangat hebat, karena melalui lomba HKG PKK– KB- Kesehatan tahun 2011, dari 18 jenis lomba HKG, Jawa Timur mampu mendapat  nominator sebanyak 12 jenis lomba, termasuk Kabupaten Madiun Pelaksana terbaik PHBS di desa Morang ini .
Terkait dengan pelaksanaan 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat, kata ibu Ketua tim yang kelahiran dari pulau garam Madura, bahwa bagai mana  potret masyarakat  Desa Morang tentang membudayanya persalinan ibu melahirkan ditangani oleh tenaga kesehatan, bagaimana membudayanya pemberian asi eksklusif pada balita, keaktifan posyandu, budaya penggunaan air bersih, budaya cuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, budaya BAB di jamban .
Disamping itu juga tim akan memantau bagai mana masyarakat morang yang telah aktif melalui kader jumantik melakukan pemantauan sehingga morang dan lingkungannya bebas jentik, masyarakat suka makan sayur dan buah , masyarakat melakukan aktifitas fisik setiap hari termasuk olah raga dan lainya, juga adanya yang telah membudaya tidak merokok didalam rumah .
Dalam penilaian pelaksanaan terbaik PHBS ini selain dievaluasi secara administrasi juga tidak kalah pentingnya pemantauan oleh tim melihat perilaku masyarakat Desa Morang secara langsung dilapangan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan diantaranya  kelompok BKB, BKR, Posyandu, dan kelompok lainya serta langsung ke masyarakat  desa Morang .
Untuk mengakiri sambutannya, ketua tim mengharapkan hasil yang telah dicapai saat ini dapatnya ditingkatkan, terus dijaga dan dilakukan terus dalam kehidupan masyarakat, sehingga upaya untuk mewujudkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud, disamping itu juga nantinya  untuk daerah daerah lain tentu akan ingin mencontoh maupun belajar dari masyarakat desa Morang terkait dengan membudayanya PHBS di masyarakat.  (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Desa Morang Masuk Nominasi Penilaian Pelaksanaan Terbaik PHBS Tinggkat Nasional 2011"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA