Hadiri Bedah Kampung di Pacitan, Mensos Gelorakan Semangat Gotong Royong



PACITAN, SMN - Semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial merupakan jati diri bangsa Indonesia yang telah diwariskan para pahlawan. Untuk itu, Sudah selayaknya generasi penerus dapat mewujudkannya dalam kehidupan bermasyarakat, membantu sesama yang membutuhkan.
Demikian ditegaskan menteri Sosial (Mensos) Salim Asegaf Aljufri Selasa (13/11) saat kunjungan kerja bedah kampung di desa Kemuning Kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan. Mensos menambahkan, negeri gemah ripah seperti Indonesia ini harus dibangun dengan semangat dan kepekaan hati. Sehingga, akan terwujud interaksi sosial yang kuat di antara masyarakat.

Kementerian sosial sendiri tegas Salim Segaf Aljufri tidak mengalokasikan lebih untuk program bedah rumah. Dalam setahun  pos kementerian sosial hanya teralokasikan 15 ribu-20 ribu unit rumah, atau sekitar Rp.150-200 milyar. Namun, dengan semangat gotong royong yang kuat, sesuatu yang kecil akan terasa lebih besar dan bermanfaat.
Semangat  kebersamaan ini terus dijaga. Tanpa membeda-bedakan ras, suku atau  golongan. Semuanya harus saling melengkapi menuju Indonesia yang lebih baik.
Program bedah kampung di Desa Kemuning Kecamatan Tegalombo kabupaten Pacitan ini menyelesaikan 300 KK dengan alokasi setiap unit rumah senilai Rp.10 juta. Selain itu Mensos juga menyerahkan bantuan senilai Rp.3 milyar. Masing-masing  untuk 31 kelompok bersama (KUBE) senilai Rp.20 juta per kelompok, Bantuan 4 unit sarana lingkungan masing-masing Rp.45 juta serta bantuan pemakaman dan santunan anak yatim piatu dengan nilai total Rp 13.720.000.
Dalam kesempatan itu pula menteri sosial berkesempatan melakukan pelepasan penderita penyakit jiwa yang di pasung di Desa Sedayu kecamatan Arjosari. Malam sebelumnya Mensos sudah berada di Desa Kemuning dan menginap di rumah salah satu warga. (yon)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Hadiri Bedah Kampung di Pacitan, Mensos Gelorakan Semangat Gotong Royong"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA