Badung Kembali Sasar RTM untuk Program Penanganan Rumah Sehat



BADUNG, SMN - Sejumlah 1280 RTM atau Rumah Tangga Msikin di Badung, akan kembali mendapatkan penanganan rumah sehat. Satu program akan dijalankan Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (BKKS) Kabupaten Badung dalam pengentasan kemiskinan yang tengah giat-giatnya direalisasi pemerintah hingga saat ini.
“Programnya bernama Peningkatan Kualitas Rumah Sehat. Akan direalisasikan 2012 ini,” ungkap Drs. I Made Lison, M.Si, Kepala BKKS Kabupaten Badung didampingi Yoga Wijaya, Kepala Bidang Keluarga Sejahtera kantor setempat.

Dijelaskan Lison, RTM sejumlah itu merupakan hasil survey Badan Pusat Statistik melalui PPLS pada evaluasi tahun 2011. Sementara jumlah anggaran yang akan digelontor Pemkab Badung dalam program tersebut senilai 10 juta Rupiah untuk satu RTM. 
Disebutkan Lison, bantuan sejumlah itu murni dialokasi dari APBD Badung. Dan diakui lebih besar dari nilai bantuan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 5 juta Rupiah untuk satu RTM. “Dalam program ini, bantuan akan kita salurkan secara tunai. Dan secara langsung kita berikan terhadap para penerima,” ujarnya.
Ditanya terkait ketercukupan nilai bantuan dalam program itu, dijelaskan Lison, bantuan tersebut hanya bersifat stimulant. Bentuk dorongan atau motivasi pemerintah terhadap masyarakat dalam penanggulangan atau mengentaskan RTM itu sendiri. Dengan begitu, adanya bantuan itu diharapkan masyarakat penerima tidak hanya berpangku tangan. Melainkan turut mendukung upaya pemerintah itu sesuai SDM yang dimiliki. “Bantuan ini sifatnya stimulan. Artinya, masyarakat atau RTM penerima bantuan juga diharapkan motivasinya dalam pengentasan kemiskinan ini,” ujar Lison.
Sementara rumah kategori sehat dalam program tersebut, yakni rumah layak huni. Terdapat fasilitas lazimnya rumah tinggal, serta dilengkapi dengan sanitasi ligkungan yang memadai.  Sementara untuk pengawasan bantuan agar tepat sasaran, Pemkab Badung sudah membentuk sistem bapak angkat. (Mwn)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Badung Kembali Sasar RTM untuk Program Penanganan Rumah Sehat "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA