Bakti Sosial Terpadu yang Ke-92 Kalinya Digelar di Desa Lebakayu Kecamatan Sawahan



MADIUN, SMN - Kembali Pemerintah Kabupaten Madiun menggelar kegiatan bakti sosial terpadu (BST) di desa Lebakayu Kecamatan Sawahan (Selasa/ Rabu tanggal 6/7 Nopember 2012). Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan didesa Lebakayu ini merupakan kegiatan yang ke empat kalinya BST di gelar di wilayah Kecaamatan Sawahan dan yang 92 kalinya Pemerintah Kabupaten Madiun menyelenggarakan kegiatan BST selama 11 tahun.

Seperti serangkaian kegiatan BST sebelumnya, untuk BST di Desa Lebakayu ini diawali dengan kegiatan olah raga bersama main bola voly antara tim putri Pemkab dengan ibu / Karangtaruna desa Lebakayu, demikian juga tim putra Pemkab Madiun melawan Karangtaruna putra desa Lebakayu.
Dalam berolah raga ini yang penting bukan menang kalahnya, tetapi terjalin siaturohmi antara Pemerintah Kabupaten Madiun dengan masyarakat dan pemerintahan desa semakin baik, demikian Wakil Bupati Madiun Drs. H. Iswanto, M.Si mengawali sambutannya pada acara pembukaan BST mengawali kegiatan pada hari pertama berupa olah raga bersama di lapangan bola voly dusun lebak.
Lebih lanjut Pak Is panggilan akrab masyarakat menyapa wakil Bupatinya dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui olah raga ini diharapkan akan tercipta suasana yang penuh kekeluargaan, sehingga masyarakat lebih dekat dengan pemerintah Kabupaten, demikian sebaliknya. Dengan terwujudnya jalinan yang lebih dekat ini maka apa yang kita programkan dalam membangun Kabupaten Madiun akan mudah terlaksana dengan bersama sama gotong royong dan dalam suasana guyub rukun.
Disampaikan pula bahwa serangkaian kegiatan BST yang dimulai dengan olah raga, sarasehan dan rapat koordinasi hasil sarasehan dilaksanakan pada hari pertama dan akan disusul kegiatan pada hari ke dua adalah kunjungan ke warga yang kurang mampu /sakit oleh Bupati/ Wakil Bupati / Sekda serta oleh Ketua TP PKK Kabupaten Madiun. Berbagai kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang dilaksanakan pada hari ke dua setelah kegiatan kerja bakti pengaspalan jalan oleh Bupati / Wakil Bupati, Forpimda yang didukung dengan anggota dari TNI AU, AD dan Kepolisian serta SKPD, masyarakat desa Lebakayu mengadakan pengaspalan jalan di lingkungan dusun Lebak sepanjang 800 m dengan lebar 2,5 m.
Dalam kesempatan acara sarasehan Bupati Madiun mengawali sambutannya menyampaikan bahwa melalui sarasehan ini dapat disampaikan berbagai informasi untuk masyarakat, terutama saat ini sudah memasuki musim hujan, maka yang perlu diperhatikan adalah adanya angin puting beliung yang melanda di berbagai daerah, untuk itu masyarakat perlu waspada, bila ada tanda tanda adanya angin putting beliung datang agar masyarakat menyelamatkan diri, disamping itu pada musim penghujan juga perlu menjaga kesehatan, kebersihan biasanya adanya wabah diare dan sebagainya. Sedangkan untuk warga tani Bupati menyampaikan bahwa dengan adanya metode baru persemaian dengan nampan/tampah yang lebih praktis masyarakat tani perlu tahu dan mungkin dapat mencobanya. Selain itu menurut BMG bahwa Nopember – Januari akan hujan diatas normal, untuk itu memasuki MT Nop – Maret perlu masyarakat tani mengantisipasi kemungkinan adanya hama yang akan menyerang padi.
Sebelum acara sarasehan Bupati Madiun berkenan menyampaikan bantuan secara simbolis berupa biasiswa untuk 10 anak SD/MI masing masing sebesar Rp 150.000,-, lima anak siswa SLTP/MTs masing masing sebesar Rp 250.000,-, bantuan untuk masjid Mujahidin Lebakayu, 30 paket sembako, satu paket alat peraga pendidikan, bantuan RTLH sebanyak 10 sak semen untuk warga desa Bakur.
Pada kegiatan BST kali ini semua pelayanan pada masyarakat didekatkan atau dilaksanakan di desa Lebakayu diantaranya pelayanan kesehatan gratis, donor darah, kartu KK/ KTP/Akte kalihiran, Perbank kan, ketenaga kerjaan ( kartu kuning), SKCK/ SIM, Sertipikat tanah, pelayanan kesehatan ternak.
Disamping itu juga pelayanan yang disediakan oleh Kantor Pelayanan Masyarakat berupa IMB dan perijinan lainya, pelayanan informasi, pemberian ketrampilan yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten kepada KWT desa Lebakayu, Posyandu, pelayanan KB, dan masih banyak lainya pelayanan yang dibutuhkan masyarakat termasuk pasar murah (Sy)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bakti Sosial Terpadu yang Ke-92 Kalinya Digelar di Desa Lebakayu Kecamatan Sawahan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA