Demo Buruh Mojokerto Ricuh, 2 Orang Terluka


Ilustrasi demo

MOJOKERTO, SMN - Demo ribuan buruh menuntut kenaikan upah minuman Kabupaten Mojokerto dengan memblokir jalan by pass, dan berikutnya memaksa menduduki kantor Pemkab Mojokerto, menyebabkan aksi dorong dan saling pukul dengan aparat. Akibatnya dua orang terluka dalam kejadian itu. 
Dua orang yang terluka adalah seorang petugas Satpol PP dan wartawan sebuah media cetak. Mereka mengalami luka lecet di bagian tangan dan kaki tergores pagar besi Kantor Pemkab Mojokerto yang ambruk, diduga didorong buruh yang memaksa masuk ke kantor Pemkab.

Para buruh dalam pekan ini mengancam menggelar aksi turun jalan dengan kekuatan lebih besar lagi, jika Pemkab Mojokerto tidak mengajukan usulan UMK tahun 2013 ke PemprovJatim sesuai tuntutan mereka. Dalam tuntutannya mereka mendesak Pemkab mengusulkan UMK Kab. Mojokerto antara Rp 1,6 juta hingga Rp 2 juta/orang/bulan. Sementara UMK tahun 2012 sebesar Rp 1,2 juta/bulan/orang. 
Ketua Persatuan Pergerakan Buruh Indonesia (PPBI), Hari Cahyono, mengatakan, dia bersama perwakilan buruh lainnya akan memantau usulan UMK Pemkab Mojokerto yang hendak dikirim ke Pemprov Jatim, apakah sudah sesuai tuntutan buruh atau tidak. “Hari ini kan batas akhir daerah Tingkat II menyerahkan usulan UMK tahun 2013. Jika usulan tidak sesuai tuntutan kami akan turun jalan, menginap di kantor Pemkab Mojokerto dengan kekuatan lebih besar lagi,” katanya, Kamis (25/10).
Sementara Priyono, salah seorang korlap aksi buruh menilai tuntutannya realistis karena hasil survei KHL diberbagai pasar di Mojokerto dilakukan para buruh dan dewan pengupahan dinilai KHLnya sekitar Rp 2 juta/bulan/orang.
UMR wajib diperjuangkan oleh setiap buruh. Pasalnya, UMR lah yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan para buruh dan keluarganya. “Kami akan berjuang sekuat tenaga agar UMK kami di tahun depan naik 50% dari UMK tahun 2012. Paling tidak UMK kami sejajar dengan UMK buruh di Kab. Pasuruan. Kami berharap Pemkab Mojokerto mengabulkan tuntutan kami,” katanya.
Dalam aksi kemarin, sekitar 5.000 buruh dari berbagai perusahaan dan aktivis perburuhan di Kab. Mojokerto, sebelum mengepung Kantor Pemkab Mojokerto mereka berkumpul di tepi ruas jalan by pass Kab. Mojokerto. Mereka memblokir jalan utama Surabaya-Mojokerto-Jombang hingga menimbulkan kemacetan yang cukup parah sekitar 7 kilometer.
Arus lalin dari arah Surabaya-Mojokerto hendak ke Jombang atau sebaliknya dialihkan melalui jalan alternatif. Dari arah Surabaya dialihkan lewat dalam Kota Mojokerto-Kab. Mojokerto melalui Sooko-Trowulan-Mojoagung Kab. Jombang. Dari arah sebaliknya dari Mojoagung Kab. Jombang melalui Trowulan-Sooko, Dalam Kota Mojokerto-Mlirip-Tarik Sidoarjo. Ada juga kendaran dari arah Surabaya masuk Kab. Mojokerto. (Cak Gun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Demo Buruh Mojokerto Ricuh, 2 Orang Terluka "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA