Paguyupan PUAP Tahun 2009, Mari Menjadi Petani yang Sukses


Nganjuk, SMN - Petani jangan bermimpi sejahtera  kalau tidak mau berkelompok. Petani harus di buat merasa rugi  kalau tidak  hadir di pertemuan-pertemuan kelompok tani , gapoktan maupun paguyupan gapoktan penerima PUAP tahun 2009 seperti yang di laksanakan tanggal 14  Juli 2012 bertempat di gapoktan Mulyowaras desa Sugihwaras kecamatan Ngluyu. Inilah yang selalu menjadi pemikiran PMT PUAP tahun 2009 Didik.

Karena itu dalam setiap pertemuan berusaha menggandeng Mitra-Mitra Petani yang dapat membantu petani dalam mengatasi problematikanya dan membuka wawasan petani menjadi lebih luas sehingga dapat menjadi petani yang maju, innovatif dan tidak alergi dengan perkembangan tekhnologi. Dengan kemitraan di harapkan masalah- masalah rutin petani seperti biaya, peningkatan kuantitas dan kualitas serta pemasaran produk dengan baik dapat di pecahkan.
Kalau dalam pertemuan- pertemuan yang lalu pernah di hadirkan kemitraan dari BRI, BPD, BISI, PETRO dan lain-lain. Kali ini hadir mitra petani yaitu KOPINDO (Komunitas Petani Peternak dan Nelayan Indonesia).
Sebuah ormas yang bersedia menemani petani meningkatkan pendapatan dengan cara mendampingi petani meningkatkan SDM untuk menyerap tekhnologi bercocok tanam dan pasca panen untuk memenuhi target pasar yang di dasarkan pada kuantitas (jumlah), kualitas (mutu) dan kontinuitas (berkesinambungan/continue).
Untuk memenuhi target ini di perlukan petani-petani yang siap sukses bersama-sama. Yaitu petani yang bersatu dalam satu wilayah untuk berproduksi ONE VILLAGE ONE PRODUCT (satu wilayah satu produk pertanian), petani yang kompak, bersemangat dan saling mendukung dalam kelompok tani. Sementara KOPINDO akan mendampingi dalam bentuk: 1) Pinjaman modal tanpa agunan/tanpa bunga/tanpa persyaratan yang njlimet. 2) Mendampingi petani dalam menghasilkan produk pertanian yang berkualitas. 3) Mencarikan harga jual yang lebih dari harga pasaran.
Inilah beberapa hal yang di tawarkan KOPINDO kepada kelompok-kelompok petani. Dalam menjalin kemitraan bagi yang berminat.
Hadir dalam acara tersebut wakil dari Disperta kabupaten Nganjuk, kepala desa Sugihwaras, pengurus paguyupan PUAP tahun 2009, serta anggota paguyupan dari seluruh kabupaten Nganjuk.
Dalam sambutannya dari dinas pertanian menyampaikan bahwa program PUAP yang berkembang akan mempermudah petani mengakses modal untuk usaha tani. Dengan paguyupan ada pertukaran informasi demi perkembangan PUAP baik itu keberhasilan maupun mengatasi kendala yang ada. Dan dinas pertanian kabupaten Nganjuk mendukung dan bangga dengan hidupnya paguyupan PUAP di Nganjuk. Sementara kepala desa Sugihwaras berharap kegiatan ini tidak terhenti tetapi terus berkembang. Selain gapoktan dapat saling anjangsana dan silaturrohim juga dapat melihat potensi-potensi di desa masing- masing.
Seperti kalau di Sugihwaras ini ada tempat pariwisata seperti Gua Margo Tresno dengan Gua Kelelawar, di ubalannya ada kolam dengan sumber air alami dan wisata hutannya, Dimana dengan suasana yang rindang dari pohon-pohon hutan dapat mengingatkan betapa hijaunya Nganjuk. Di harapkan bisa menjadi tempat pilihan berlibur. Tak lupa juga ada makanan khas kecamatan Ngluyu yaitu asem- asemnya terkenal wow lezat dan krupuk gadungnya khas oleh- oleh dari Ngluyu.
Bagi penggemar kursi gempol (akar kayu jati) di Ngluyu juga banyak pilihan karena kerajinan dari Ngluyu ini sudah di kirim kemana-mana. Ini sekelumit tentang potensi yang ada di kecamatan Nganjuk.
Sementara ketua paguyupan PUAP tahun 2009, Suyanto dari desa Perning mengungkapkan sebenarnya antusias dari anggota paguyupan cukup bagus dan rata- rata PUAP tahun 2009 berkembang. Tetapi memang dalam hal ketepatan waktu untuk pertemuan paguyupan ini masih menjadi kendala. Tampaknya hal ini harus dibenahi sehingga tidak banyak waktu yang terbuang dalam pertemuan yang menyebabkan anggota merasa merugi, apalagi saat sawah memerlukan perhatian. Karena itu kedepannya akan kembali di fikirkan masalah ini.
Di akhir acara PMT tahun 2009 Didik berharap dari pemerintah melalui Dinas Pertanian dapat menjembatani solusi dalam permasalahan yang di hadapi petani saat ini. (JK/RMB)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Paguyupan PUAP Tahun 2009, Mari Menjadi Petani yang Sukses"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA