Mura Bangun Daerah Transmigrasi Untuk Pemerataan Pembangunan


Musi Rawas, SMN - Pemerintah Kabupaten Musi Rawas terus berupaya membuat terobosan pembangunan guna membawa daerah ini lebih maju dan berkembang. Tujuan dari program pembangunan tersebut tentu bermuara pada pemerataan hasil pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Salahsatu langakhan pembangunan yang tengah dikerjakan oleh pemkab Musi Rawas yaitu dengan membuka lahan transmigrasi bagi para 300 Kepala keluarga(KK), yang bakal ditempatkan di SP XI desa sungai naik Kecamatan Bulang tengah Suku Ulu.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigarasi H.Acmad Murtin bahwa   Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu provinsi di Sumatera Selatan yang diminati sebagai daerah transmigrasi, Selain memiliki potensi SDA yang baik, Musi Rawas juga daerah paling potensial sebagai lokasi untuk mengembangkan wilayah transmigrasi. Hal ini memang cukup beralasan mengingat luas wilayah daerah ini masih sangat memungkinkan untuk berbagai program pembangunan.
“Musi Rawas memang sangat layak untuk mengembangkan daerah atau kawasan transmigrasi, mengingat potensi yang dimiliki daerah ini bisa untuk terus dikembangkan,” katannya
Ditambahkannya Mengenai program transmigrasi ini akan terus menjadi fokus perhatian pembangunan di sektor transmigrasi, untuk tahun ini saja sedikitnya dibuka lahan seluas 650 Hektar, Sisanya diambil dari cadangan lahan transmigrasi Bunga Mas dengan luas keseluruhan mencapai 4.048 Hektar, Karena selama ini tercatat pelaksanaan program transmigrasi umum yang terakhir kali dilaksanakan, yaitu  tahun 2003 lalu, dengan masa pemerliharaan sampai tahun 2008.  Apabila hal ini  dikalkulasikan total jumlah  transmigrasi yang sudah ditempatkan di Kabupaten Musi Rawas  kalau dihitung secara keseluruhan sejak tahun 1938, Mencapai  28 ribu KK atau 49 persen dari jumlah penduduk setempat, “Tahap awal tahun 2012 ini, sebanyak 200 KK  bakal ditarik terlebih dahulu dari jumlah 300 KK atau 60% lokal, sisanya 40% dari kota-kota yang ada di pulau jawa,”ujarnya
Lebih jauh Murtin menjelaskan, Para transmigrasi ini akan mendapatkan rumah permanen type 36, lengkap dengan sarana Mandi, Cuci dan Kakus (MCK), dan lahan perkarangan ¼ hektar dan satu hektar lahan usaha, Termasuk pemerintah juga akan membangun sekolah, puskesmas, tempat ibadah, jalan desa dan jalan menuju lokasi transmigrasi dan sarana pendukung lainnya yang dananya dibiayai anggaran pusat atau APBN.
“Sumber dananya berasal dari APBN, harapan kita dengan di bangunnya daerah transmigrasi ini bisa memberikan manfaat bagi pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan,” paparnya
Dalam banyak kesempatan Bupati Musi Rawas H. Ridwan Mukti mengungkapkan  mengutarakan program pengembangan transmigrasi umum  merupakan bagian agenda program pembangunan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Mengingat letak wilayah Kabupaten Musi Rawas yang cukup luas, Sehingga untuk mengembangkan daerah menjadi potensial diperlukan orang-orang yang sanggup mengelolah lahan yang kurang produktif menjadi produktif sehingga bisa memberikan nilai tambah secara ekonomi.
“Kita sangat diuntungkan, Karena memiliki daerah yang cukup luas, Sehingga  program dari pusat dalam mengembangkan program transmigrasi dapat dialokasikan ke Musi Rawas, Sehingga nantinya hal itu dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor,” demikian tukasnya. (yudi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Mura Bangun Daerah Transmigrasi Untuk Pemerataan Pembangunan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA