Polres Ponorogo Gelar Apel Besar BBKMT


PONOROGO, SMN - Untuk mendapatkan simpati dan pencitraan polisi yang baik di hati masyarakat, Polres Ponorogo semakin getol saja membangun strategi keamanan, dalam menyikapi masalah ketertiban dan keamanan masyarakat Ponorogo agar selalu terjaga dan kondusif. Kemarin pad hari Rabu (7/3) AKBP Yuda Gustawan, Kapolres Ponorogo menggelar Apel Besar Babinkamtibmas (BBKMT) di Mapolres Ponorogo.
Apel tersebut dihadiri oleh Bupati, Muspida Ponorogo, Kapolsek se-Kabupaten Ponorogo dan seluruh anggota Babinkamtibmas dari semua Polsek se-Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 313 Babinkamtibmas dari 305 desa yang ada di Ponorogo. ”Saya titipkan Ponorogo ini kepada bapak-bapak Polisi agar selalu aman, tertib dan guyub rukun,” harap H. Amin, Bupati Ponorogo dalam pidatonya.
Selang beberapa saat seusai upacara dengan sigap dan penuh siaga, Kapolres Ponorogo AKBP Yuda Gustawan segera melakukan pengecekan kelengkapan-kelengkapan anggota Babinkamtibmas dan kendaraan yang sudah tertata rapi di halaman Mapolres Ponorogo. Mulai dari kendaraan dan surat-surat kendaraan, helm, buku catatan, kartu nama, atribut pakaian dan peralatan kendaraan.
Lebih lanjut AKBP Yuda Gustawan menerangkan, kita hari ini melaksanakan apel besar Babinkamtibmas. Ini perintah dari bapak Kapolda Jatim, dalam rangka mengantisipasi dinamika perkembangan situasi, kita tingkatkan kesiagaan,kewaspadaan kita apelkan semua Babinkamtibmas yang ada semua di polres Ponorogo. Jumlah semuanya 313 Babinkamtibmas dari total 305 desa. Ada beberapa desa yang kita anggap rawan kita taruh dua anggota Babinkamtibmas.
Kemudian kedepan Babinkamtibmas ini merupakan kepanjangan tangan Kapolres dan diharapkan Babinkamtibmas kedepan bisa membantu masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat level bawah. Sehingga dia tahu akar permasalahan sejak dini kemudian diharapkan Babinkamtibmas bisa menyelesaikan permasalahan tersebut tidak berkembang ke atas. Misalnya ada perselisihan, ada sengketa tanah, kemudian ada pencurian oleh anak-anak dsb cukup Babinkamtibmas yang menyelesaikan. Pendekatannya lebih kepada pendekatan persuasive, dan Babinkamtibmas wajib setiap hari ada di desa, dan harus mengenal desanya.
Ada beberapa Babinkamtibmas yang sudah tidak merangkap kota dan beberapa proyek itu satu hari full ada di desa tidak dilibatkan dalam kegiatan lain hanya mengikuti agenda desa, termasuk ada kegiatan polisi sobo kampung, polisi ngantor di desa dan seterusnya, sebab intinya hari ini kita cek kesiagaan kedepan dan juga cek apakah Babinkamtibmas sudah mengenal wilayah masing-masing apa belum?, kalau Babinkamtibmas tidak mengenal beberapa wilayah dan tidak mengenal masyarakatnya berarti dia bukan Babinkamtibmas, dia harus tahu dan mengenal kerawanan-kerawanan wilayahnya dan harus tahu bagaimana penyelesaiannya, dalam apel ini dihadiri oleh semua anggota Babinkamtibmas.
Untuk kelengkapan yaitu buku-buku, ada senter, public address kemudian tidak semua dapat motor Cuma yang rawan saja yang dikasih motor. Salah satu persyaratan seorang Babinkamtibmas dia harus pandai bergaul dalam masyarakat dan sifatnya harus komunikatif dan diharapkan dapat merespon apa keinginan masyarakat dan yang paling penting dia harus familier, mudah senyum, punya pengetahuan-pengetahuan kepolisian, mengetahui uu yang berlaku, tahu perkembangan situasi di lapangan.
Yang paling penting dia harus ramah dan dia harus mau berkunjung ke masyarakat. Usia anggota Babinkamtibmas rata-rata diatas 30 th karena kalau terlalu muda juga repot nanti dan cukup punya pengalaman di kepolisian dia sehingga dia bisa bergaul dengan masyarakat. Pungkas Yuda Gustawan. (wid)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Polres Ponorogo Gelar Apel Besar BBKMT"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA