Ploso Siap Tuntaskan E-KTP Lebih Cepat, Tepat dan Akurat


Jombang, SMN - Camat Ploso Drs. Purwanto, MKP optimis pelaksanaan KTP elektronik (e-KTP) di Kecamatan Ploso akan berjalan lancar dan selesai tepat waktu, bahkan ia menetapkan target lebih cepat daripada batas waktu yang ditetapkan yakni akhir Desember 2012. “Saya berharap e-KTP bisa tuntas pada bulan keempat sejak dimulainya pelaksanaan. Kalau bisa, kira-kira bulan Juli ini sudah harus tuntas,” kata Purwanto, Senin (12/3).
Menurutnya, secara teknis persiapan sudah mencapai 95 %,  2 petugas operator  dan 2 tenaga administrasi kecamatan serta enam orang tenaga operator tambahan outsourching dari perguruan tinggi juga sudah siap menjalankan tugasnya. Kendala belum belum bisa dimulainya pada bulan Maret ini sebagaimana diinformasikan sebelumnya memang belum adanya perintah dari Dispenduk Capil Kabupaten Jombang sehingga jadwalnya mengalami perubahan. “Tinggal menunggu bintek petugas operator oleh Dispendukcapil tanggal 15 Maret di Jombang lalu ujicoba atau simulasi dan selanjutnya launching itu saja”, tambahnya.
Dijelaskannya, di kecamatan Ploso nantinya harus melayani warga wajib KTP sebanyak 30.966 jiwa itu berdasarkan data per 31 Desember 2011, sementara dengan peralatan yang di miliki hanya dua peralatan untuk itu membutuhkan pemetaan jelas dan pengaturan mobilisasi yang sistematis  bersama para kepala desa sekecamatan Ploso, agar pemakaian alat yang ada efektif dengan jumlah warga yang harus dilayani. Dari hasil pendataan kepala desa ada sekitar 280 jiwa yang dalam kondisi sakit perlu mendapatkan pelayanan penjemputan. Jumlah ini masih harus diseleksi lagi karena masih ada kemungkinan warga sakit yang terdata itu sebenarnya bisa datang sendiri ke kecamatan.  “ Sarana dan peralatan yang lengkap pengaturan dalam mobilisasi warga ini juga sangat penting, akan menjadi tidak efektif bila semua sudah siap tapi yang mau dilayani belum ada ditempat, untuk itu mobilisasi menjadi sangat penting  ”, ujar Purwanto.
Bertempat di halaman pendopo kecamatan ploso, Senin (12/3), dalam kesempatan apel kerja Camat Ploso ‘mengupacarakan’ secara khusus penerimaan petugas outsourching dari perguruan tinggi di Jombang. Mereka diantaranya Ara Satria Komara, Octaviani Wahdatul Ummah (AMIK), Tri Ariesta Nugroho, Aan Khunaefi (UNIPDU), dan M. Wahyudin Arif, Mustasfiri (STIMIK).
Lebih jauh Purwanto menjelaskan penerimaan secara resmi ini adalah bentuk apresiasi kepada mereka, karena telah membantu sebagian tugas pemerintah dalam program e-KTP. Meski tidak ada keharusan melakukan ini, Purwanto yakin inovasi ini akan sangat berpengaruh pada kinerja mereka. Tidak hanya itu saja, kepada mereka juga diberikan seragam berupa 2 baju batik untuk dipakai ketika bertugas.
Dalam kesempatan itu dihadapan peserta apel kerja, camat Ploso menyematkan ID Card sebagai tanda tim outsourcing telah resmi menjadi bagian dari Tim e-KTP Kecamatan Ploso.  “Saya yakin anda semua adalah pribadi terpilih, untuk itu jangan kecewakan pemerintah, lembaga perguruan tinggai anda, dan orang tua anda. Silahkan segera melebur bersama tim kecamatan, dan layani masyarakat Ploso dengan sepenuh hati”, tegas Purwanto memberikan motivasi.
Sebagai informasi semua petugas outsourcing juga harus mengikuti apel kerja setiap hari pukul 07.00 wib. “Sesuai komitmen, ternyata mereka siap ikul apel kerja setiap hari berarti ini sangat luar biasa” tegas  Purwanto.
Purwanto menggambarkan ibarat pasukan perang, peralatan sudah lengkap, parajurit telah siap tempur tapi apabila tidak ada protap yang jelas dan motivasi yang kuat dari komandan bisa dipastikan semuanya tidak akan bisa berjalan dengan baik. “Kami sangat salut dengan penyambutan pak camat ini, saya yakin teman-teman di kecamatan lain tidak seperti ini, tentunya hal ini sangat memacu kami untuk melakukan yang terbaik untuk Kecamatan Ploso, sesuai arahan beliau e-KTP di ploso harus sudah tuntas lebih cepat, tepat dan akurat ”, Ujar Ara, setelah membaca ikrar kesiapan tim outsourcing.
Lebih lanjut Camat Purwanto mengharapkan agar semua komponen yang berada dilingkup kecamatan Ploso untuk ikut membantu pelaksanaan program e-KTP agar hasilnya bisa semaksimal mungkin. (Cak PJ/Zen)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Ploso Siap Tuntaskan E-KTP Lebih Cepat, Tepat dan Akurat"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA