Kelompok Tani Berkah dan SMD Mengembangkan Ternak Sapi


Nganjuk, SMN - Upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kelompok peternak sungguh luar biasa. Ini dapat dilihat dari banyaknya bantuan berupa program pengadaan dan pengembangan ternak sapi.
Salah satunya adalah program SMD (Sarjana Membangun Desa). Dimana dalam program ini terjadi semacam simbiosis  mutualisme antara sarjana perternakan yang di tunjuk untuk menerapkan ilmu yang dimilikinya sementara kelompok peternak dapat memelihara dan mempergunakan hasil dari ternak tersebut sesuai dengan juklak dan juknisnya supaya masing-masing saling di untungkan. Sementara keberadaan sapi tersebut diharapkan nantinya dapat berkembang menjadi besar dan program tersebut sebagai upaya pembelajaran kepada masyarakat untuk kedepanya menjadi petani peternak yang maju.
Di wilayah kabupaten Nganjuk untuk tahun 2011 ini salah satunya adalah Desa Sidoharjo kecamatan Tanjung Anom melalui kelompok peternak BERKAH yang di ketuai oleh Bapak Mahfud menerima program SMD bekerja sama dengan seorang sarjana perternakan yang ada di desa yaitu Dewi. Program tersebut berupa sapi, kandang, pakan, obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan sapi  dalam kurun waktu pemeliharaan. Keadaan kandang yang bersih dan sapi yang ada tampak sehat. Upaya lain dilakukan oleh kelompok BERKAH ini untuk tersedianya pakan hijau dengan cukup adalah menanam rumput gajah, bekerja sama dengan industri tahu untuk tersedianya ampas tahu dan lain-lain yang merupakan salah satu pakan kaya protein selain dhedhek dan jerami,
Kelompok petani peternak BERKAH berterimakasih kepada pemerintah atas turunnya program SDM program yang diterima ini akan dilaksanakan dengan sebaiknya sesuai petunjuk yang ada. Karena kedepanya dengan berkembangnya program SMD ini akan bisa terwujud pula keinginan untuk memproduksi pupuk, menghasilkan biogas dan lain-lain yang manfatnya akan dapat dinikmati masyarakat.
Dan membantu program pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya lingkungan di  desa Sidoharjo. Karena itu kelompok peternak BERKAH berharap bukan hanya program SMD ini saja yang diberikan teteapi juga program-program berkesinambungan yang lain misal rumah kompos, biogas atau program-program pemberdayaan masyarakat yang lain yang bersentuhan dengan pertanian perternakan. Untuk semua program yang sudah diterima desa Sidoharjo kecamatan Tanjung Anom khususnya kelompok peternak BERKAH akan diupayakan untuk berjalan dengan baik dan berkembang sesuai aturan yang ada. (JK/RMB)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

2 Response to "Kelompok Tani Berkah dan SMD Mengembangkan Ternak Sapi"

  1. Jk cell Nganjuk says:
    November 30, 2015 at 1:32 PM

    Ijik pora sapine..nko lenyaap..ditelan dompet

  2. Admin WarnetGea says:
    September 22, 2019 at 7:49 PM

    waw sangat bermanfaat trimkasih sudah berbagi info pertanian online,



    kunjungi balik cara ternak Kambing dan domba


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA