Long March Brigade Penolong 13.17 Kwartir Cabang Jombang


Jombang, SMN -Long March Brigade Penolong 13.17 Kwartir Cabang Jombang
Negara Indonesia memiliki potensi bencana yang cukup besar diantaranya hutan-hutan gundul yang berpotensi banjir dan tanah lonsor, gunung merapi, tsunami dan bencana lainnya, yang tentunya membutuhkan penanggulangan dan penyelamatan bencana dengan sarana khusus. Tetapi pada hakikatnya penyelamatan dan penanggulangan bencana adalah dengan pengerahan segala potensi yang ada, salah satunya adalah gerakan pramuka. Gerakan Pramuka yang memiliki Tri Satya, yang salah satu satyanya adalah menolong sesama dan turut serta membangun masyarakat, memiliki jumlah anggota yang cukup besar merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan dalam operasi penyelamatan dan penanggulangan.
Demikian juga dengan Kabupaten Jombang. Kabupaten dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa ini juga  memiliki jumlah anggota pramuka yang cukup besar. Untuk itu Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jombang akan meningkatkan peran serta dalam kegiatan penyelamatan dan penanggulagan bencana ini dengan mengadakan kegiatan Long March Brigade Penolong. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya guna potensi pertolongan dan penanggulangan bencana oleh Gerakan Pramuka Jombang.
Long March Brigade Penolong 13.17 ini diselenggarakan selama dua hari, tertanggal 10-11 Maret 2012 di halaman Kantor Pertanian Rejoagung Kecamatan Ploso,Jombang. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jombang, M. Munif Kusnan, M. Si sekaligus Pelantikan Pengurus Brigade Penolong 13.17, Pengurus Pendidikan Informasi Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja dan Pengurus Unit Kehumasan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jombang masa bakti 2012-2017.
Peserta Long March kali ini berjumlah 930 peserta berasal dari Pramuka Penegak dan Pandega Gugus Depan, Pangkalan, Satuan Karya dan Dewan Kerja Ranting se-Kabupaten Jombang. Dengan mengambil tema “Dengan Long March Brigade Penolong Mari Kita Tingkatkan Pengamalan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka” kegiatan ini dimulai pada pukul 23.00 dengan start Kantor Pertanian Rejoagung Kecamatan Ploso menempuh jarak 20 km menuju Kantor Kwartir Cabang Jombang, Kebon Rojo Jombang.
Dalam sambutannya, M. Munif Kusnan mengatakan “Kegiatan seperti ini merupakan bentuk pemeliharaan jiwa, semangat untuk siap menolong sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma yang termasuk juga sebagai perwujudan daripada Janji Pramuka.” Beliau juga berharap melalui kegiatan Long March Brigadir Penolong ini tidak hanya memberikan pertolongan dan bantuan pada saat terjadi bencana atau kecelakaan saja, melainkan sebagai perwujudan saling menolong sesama. (Cak PJ)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Long March Brigade Penolong 13.17 Kwartir Cabang Jombang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA