KPP Pratama Ponorogo, Gelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan


PONOROGO, SMN - Mengingat bulan Maret merupakan saatnya penyampaian SPT Tahunan maka KPP Pratama Ponorogo menggelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan, Senin 5 Maret 2012.
Acara yang digelar di Sasana Praja dihadiri oleh bupati Ponorogo, wakil bupati, muspida dan sekitar duaratus lima puluh pegawai negeri di lingkungan pemkab Ponorogo.  “Acara ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam hal penyampaian SPT Tahunan. Dengan melibatkan berbagai unsur pimpinan di pemerintahan diharapkan dapat memberikan teladan sehingga masyarakat segera menyampaikan SPT Tahunan sebelum batas akhir yang telah ditentukan, “jelas Andi Setiawan, SE, Msi kepala KPP Pratama Ponorogo.
Lebihlanjut Andi mengatakan untuk memudahkan wajib pajak dalam menyampaikan SPT-nya maka pihaknya telah menyediakan drop box dibeberapa tempat seperti di bank BRI, bank BTPN dan bank Jatim juga dikantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo. SPT tahunan juga bisa disampaikan melalui aplikasi E-Filing yaitu melalui situs internet di www.pajak.go.id. Namun syaratnya wajib pajak mesti mendapatkan E-fin dari kantor pelayanan pajak tempat wajib pajak tersebut terdaftar.
Sejauh ini kesadaran wajib pajak di kabupaten Ponorogo sudah cukup bagus yakni mencapai 64,5 persen. Untuk wajib pajak orang pribadi (WP OP) karyawan rasio kepatuhan dalam menyampaikan SPT Tahunan telah melampaui target yang sebesar 67,5 persen. Sedangkan untuk WP OP non karyawan masih dibawah yang ditargetkan. Target rasio kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh untuk tahun 2012 telah ditetapkan sebesar 67,5 persen. Dengan jumlah WP yang terdaftar aktif sebanyak 61.034 WP maka agar target rasio dapat tercapai maka jumlah SPT tahunan yang harus disampaikan oleh WP minimal sebanyak 41.198 SPT Tahunan. “Memang bukan mudah untuk mencapai target tersebut tapi dengan kerjasama dari semua pihak termasuk dari pemerintahan Ponorogo dan muspida kami optimis target tersebut dapat tercapai, “imbuh Andi.
Sedangkan  target penerimaan pajak tahun anggaran 2012 untuk KPP Pratama sebesar Rp. 335,893 miliar. Untuk target penerimaan PPh pasal 21 sebesar Rp. 75,553 miliar menurun 2,86 persen dibanding tahun 2011. Sedang untuk PPh WP OP ditargetkan sebesar Rp. 4,18 miliar atau meningkat 82,07 persen dibanding tahun 2011 yang sebesar Rp. 2,30 miliar. Tentu saja diperlukan kerja keras bagi KPP Pratama Ponorogo untuk mencaai target penerimaan pajak yang cukup tinggi ini. Untuk itu KPP Pratama Ponorogo giat melakukan penyuluhan, pelayanan, pengawasan dan sensus pajak guna memperluas wajib pajak dan meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak sehingga dapat tercapai target yang telah ditentukan.
“Kami optimis dapat mencapai target tersebut mengingat tren penerimaan 2 bulan pertama, realisasi penerimaan PPh OP sebesar Rp. 419,8 juta atau telah tumbuh sebesar 29,24 persen dibanding tahun 2011, “jelas Andi.
Andi juga mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan langkah-langkah pengamanan penerimaan pajak melalui instensifikasi dan ekstensifikasi atas potensi PPh WP OP ini, sehingga tren ini dapat terus meningkat di bulan-bulan berikutnya.
Ditanya tentang penerimaan pajak secara keseluruhan Andi mengatakan bahwa penerimaan pajak ditahun 2011 sebesar Rp. 255,709 miliar dari target Rp. 243,688 miliar yang berarti mencapai 104,75 persen. “Pencapaian ini merupakan karunia dan berkah dari Alloh SWT selain itu juga berkat kerjakeras, dukungan serta kerjasama dari semua pihak di lingkungan pemkab Ponorogo,“ pungkas Andi.
Untuk masyarakat dihimbau untuk menyampaikan SPT tahunan sebelum batas waktu yang telah ditentukan untuk menghindari denda.  Bagi wajib pajak orang pribadi batas waktu penyampaian SPT Tahunan sampai 31 Maret 2012 sedang untuk wajib pajak badan hingga 30 April 2012. (ida)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "KPP Pratama Ponorogo, Gelar Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA