Direksi dan Direktur Biayai Sendiri BUMD


MUSI RAWAS, SMN - Direktur dan Direksi Mura Makmur dan Mura Energi dua Badan Usaha Milik Daerah Musi Rawas, harus biayai sendiri perusahaan yang akan mereka kelola. Pernyataan ini dilontarkan oleh Asisten II Pemkab Musi Rawas H Aidil Rusman usai menggelar pertemuan dengan para calon Direktur dan Direksi BUMD ini.
Menurut Aidil jika terpilih nanti direktur sekaligus direksi akan dibebankan dengan pembiayaan sendiri perusahaan yang dipimpinnya, seperti dana operasional, gaji karyawan sampai peralatan kerja, pemerintah tidak akan memberikan antuan lagi mulai tahun ini. Sebelumnya pemerintah menganggarkan setiap tahun Rp 1 Milyar untuk BUMD itu, amun sampai saat ini belum membuakan hasil,” ujar Aidil.
Kebijakan ini menurut Aidil diberikan mengingat BUMD ini selam 4 tahun ini belum menunjukkan keberhasilan, dengan opsi ini nantinya dapat dilihat keseriusan pimpinan baru yang akan memimpin. “Masa sudah pakai uang sendiri masih mau main-main, disini juga akan terlihat keseriusan Direktur untuk memajukan perusahaan,” tambah Aidil.
Namun menurut Aidil pimpinan perusahaan yang telah mengeluarkan uang untuk menghidupkan perusahaan ini jangan khawatir uangnya akan hilang, uang yang telah dikeluarkan akan dimasukan sebagai piutang perusahaan yang akan dibayar pada saat perusahaan itu mapan. Prestasi juga akan dilihat selama 6 bulan, dalam waktu itu kami berharap perusahaan sudah punya usaha ataupun kegiatan usaha, serta dalam waktu satu tahun diharapkan perusahaan sudah dapat menunjukkan keuntungan,” papar Aidil.
Pada kesempatan ini juaga diterangkan untuk menghemat perusahaan melalui peraturan Bupati Musi Rawas No 3 Tahun 20012 diubah ketetapan tentang jumlah Direksi dari 3 orang menjadi satu orang sekaligus menjai direktur perusahaan. Hal-hal itulah yang kami sampaikan kepada para calon direksi dan direktur tadi, dari sini kami kan melihat apakah masih ada yang mau memimpin perusahaan ini, dengan konsekuensi yang kami sampaikan,” terang Aidil.
Saat ini jumlah pelamar yang mengajukan lamaran untuk menjadi Direktur dan diresi dua BUMD sebanyak 40 pendaftar namun yang mengembalikan berkas 27 orang, dari jumlah itu kemungkinan masih berkurang lagi, namun menurut Aidil jika memang semuanya mundur maka akan dibuka kembali pendaftaran calon direktur dan direksi, namun jika tidak maka akan dilanjutkan tahapan ke fit and propert test bersama DPRD. (yudi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Direksi dan Direktur Biayai Sendiri BUMD"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA