Wabup Buka Pameran PNPM-Mandiri Perdesaan



TULUNGAGUNG, SMN - Tersusunnya dokumen RPJM Daerah yang di ikuti pula dengan tersusunnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des ) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa), hal ini merupakan kekuatan yang luar biasa dalam mendukung pembangunan desa mengatasi problema kemiskinan di Kabupaten Tulungagung, hal itu dsampaikan oleh Wakil Bupati Tulungagung Moch. Athiyah, SH. pada pembukaan pameran produk unggulan kelompok PNPM-Mandiri Pedesaan di lapangan Desa Bedungan Gondang, Selasa (27/11).

PNPM-Mandiri Perdesaan di Kabupaten Tulungagung dengan lokasi 14 kecamatan telah di berikan amanah untuk membantu memfasilitasi masyarakat desa melakukan review terhadap RPJMDesa dan RKPDesa, hal ini di laksanakan karena tuntutan harus adanya integrasi program antara PNPM-MPd dengan program regulermulai tahun anggaran 2011. Dokumen RPJMDesa diharapkan menjadi satu satunya produk perencanaan pembangunan desa yang di tawarkan ke SKPD, sehingga fungsi RPJMDesa sebagai panduan pembangunan berjalan dengan benar dalam konteks membangun desa yang partisipasif. Selanjutnya, agar perencanaan pembangunan bisa sinergi dengan baik antara pemerintah daerah dengan program program lainnya maka di perlukan panduan tentang pelaksanaan Musrenbang yang terintegrasi sehingga di hasilkan "Satu perencanaan untuk semua".
Hasil hasil PNPM Mandiri Perdesaan berupa infrastruktur perdesaan baik di bidang pendidikan kesehatan maupun peningkatan kapasitas masyarakat harus dilestarikan dan dapat di tingkatkan fungsi dan pemanfaatannya. Salah satu bentuk peningkatan ekonomi masyarakat dapat dicontohkan di 14 kecamatan yang di kelola oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MPd, sampai saat ini telah mempunyai aset produktif berupa dana bergulir yang bisa di gunakan oleh masyarakat dalam memenuhi modal kerja mikro sebesar Rp. 31.487.947.119,- dan sudah banyak menyalurkan bantuan dana sosial setiap tahun dalam bentuk kegiatan pembagian sembako, beasiswa, rehab rumah, santunan orang miskin, ternak kambing dan lain-lain yang patut dibanggakan dan dilestarikan.
Beberapa hasil produk unggulan di masing-masing kecamatan di kabupaten Tulungagung dipamerkan. Moch. Athiyah, SH meninjau seluruh stand dan mengamati dengan seksama setiap hasil produksi industri maupun pertanian. Pada kesempatan itu wakil bupati berdialog langsung dengan peserta pameran. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Wabup Buka Pameran PNPM-Mandiri Perdesaan "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA