Mensos Apresiasi Pacitan Bebaskan Orang Dipasung


Ilustrasi orang dipasung

PACITAN, SMN - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pacitan di Jawa Timur yang mempunyai kepedulian membebaskan penderita sakit jiwa yang dipasung keluarganya.
Umumnya, keluarga yang melakukan pemasungan itu berasal dari keluarga miskin. Oleh karena itu Pemkab Pacitan membantu dengan cara membawa orang yang dipasung itu menjalani pengobatan intensif ke RS Menur Surabaya.

Apresiasi Mensos itu diutarakan saat mengunjungi sekaligus membebaskan seorang penderita sakit jiwa bernama Maliki (43), warga Desa Sedayu, Arjosari, Pacitan, pekan lalu. Malikiu dipasung keluarganya sejak 1993 lalu. Dia adalah satu dari 34 orang sakit jiwa yang saat ini dipasung di Kabupaten Pacitan. "Saya senang sekali, Bupati Pacitan telah melakukan langkap cepat dan akan melepas semua pasien sakit jiwa yang dipasung. Memang kita tidak bisa membiarkan masyarakat kita yang miskin menyelesaikan masalah mereka itu sendiri," kata Mensos yang dalam kunjungan itu didampungi Bupati Pacitan Indartato.
Meski tindakan pemasungan tidak manusia, namun tindakan yang dilakukan keluarganya yang miskin itu memang pilihan yang terpaksa dilakukan. "Kita maklumilah, karena keterbatasan ekonomi, dan khawatir nanti pasien sakit jiwa itu mengganggu orang lain, maka munculah pemasungan," kata Mensos.
Namun Mensos mengatakan, pemasungan bukan penyelesaian masalah. "Mereka yang dipasung itu saudara kita juga. Kita tidak bisa membiarkan masyarakat menyelesaikan masalah mereka itu sendiri," katanya.
Mengingat kemampuan masyarakat terbatas, maka perlu kerja sama mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyelesaikan ini. "Oleh karena itu, kendati masih ada 33 orang yang dipasung, namun setidaknya secara perlahan kita bisa membebaskan semuanya agar diobati dan kembali produktif," kata Salim Segaf menambahkan.
Sementara itu, Bupati Pacitan Indartato menyambut baik dukungan dari Kemensos tersebut. "Kita sangat bersyukur karena program Pemerintah Daerah Pacitan mendapat dukungan penuh dari Mensos," katanya.
Ia menegaskan, Pemkab Pacitan akan terus berupaya agar Pacitan bisa benar-benar bebas pasung tahun 2013 nanti. (yon)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Mensos Apresiasi Pacitan Bebaskan Orang Dipasung"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA