SABTU KREASI SMP NEGERI 1 BATU: Wujud Standar Kompetensi Lulusan



MALANG, SMN - Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan yang bersifat kreatifitas sebagai perwujudan intra kulikuler dan ekstra kurikuler di lingkungan pendidikan/sekolah. Seperti halnya yang dilakukan di SMP Negeri 1 Batu. Selain ajang kreativitas dalam mengekspresikan bakat juga sebagai perwujudan standar kompetensi lulusan (SKL) yang tertuang dalam Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan pendidikan Dasar dan Menengah yang salah satunya butirnya adalah. Menampilkan seni/budaya nasional yang bercirikan khas daerah masing-masing.

          Untuk mewujudkan SKL tersebut SMP Negeri 1 Batu memberikan ruang dan waktu bagi seluruh siswa-siswanya, yang dituangkan dalam satu wadah “Sabtu Kreasi”. Dimana pada setiap 1 minggu sekali, ada penampilan dari masing-masing kelas untuk unjuk kreativitas.
          Menurut Kepala SMP Negeri 1 Batu Drs. Barokah Santoso, M.Ed. mengatakan dengan adanya “Satu Kreasi” akan lebih termotivasi lagi dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, baik kegiatan intrakulikuler maupun ekstra kulikuler. Sabtu kreasi merupakan bentuk perwujudan dari kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang ditampilkan.
          Disinggung mengenai kapan dimulai kegiatan Sabtu Kreasi ini, Barokah menceritakan kegiatan Sabtu Kreasi ini dimulai pada tahun 2012, sebagai ajang kreativitas dan tuntutan standar kompetensi lulusan. Adapun bentuk kreasi yang ditampilkan diambil dari kegiatan intra dan ekstra kurikuler yang ada di sekolah, seperti seni tradisional, tari, music, teater, bela diri, seni rupa dan perpaduan cabang-cabang seni yang lain.
          Agar tidak mengganggu proses belajar mengajar pihaknya sudah memberikan jadwal dan seperti biasa kegiatan intra kurikuler dimulai jam 06.45 WIB, baru pada jam 10.00 WIB kegiatan “Sabtu Kreasi” dimulai dan berakhir pada jam 12.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan kegiatan ekstra kurikuler sampai jam 14.30 WIB. Dari semua seni atau budaya yang ditampilkan di Sabtu kreasi, ada 1 kesenian yang menjadi favorit di sekolah ini yaitu kesenian Gembyengan, kesenian ini merupakan seni karawitan yang memadukan karawitan klasik dengan kontemporer yang didalamnya ada seni tari, budaya, music, puisi yang dijadikan satu menjadi satu kesatuan, melihat pertunjukan ini yang ditampilan anak didiknya seperti melihat Opera Van Java di TV “Aku Barokah Bangga”.
          Sebagai bentuk penghargaan diakhir semester akan diumumkan siapa yang akan menjadi penampil terbaik dalam berkreativitas, untuk itu Barokah berharap kedepan bisa lebih baik dalam melaksanakan standar kompetensi lulusan serta bisa lebih menghargai karya seni budaya bangsa. (Jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "SABTU KREASI SMP NEGERI 1 BATU: Wujud Standar Kompetensi Lulusan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA