Kasus HIV/AIDS Kabupaten Madiun Terus Naik



MADIUN, SMN - Salah satu permasalahan sosial dan kesehatan tengah dihadapi saat ini adalah masalah HIV dan AIDS. Masyarakat patut prihatin sebab secara kumulatif kasus itu dari waktu ke waktu naik. Hal itu juga terjadi di Kabupaten Madiun, munculnya kasus HIV/Aids patut menjadi perhatian bersama.
"Khusus di Kabupaten Madiun saja kasus HIV/Aids sampai tahun 2012 terdapat sebanyk 181 orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Hal ini menjadi keprihatinan bersama untuk dapat menyelamatkan masyarakat dari HIV/Aids," ujar Wakil Bupati Madiun H Iswanto dalam "Pembinaan Pekerja dan Sosialisasi HIV/AIDS", Selasa (27/11).

Penanggulangan HIV/AIDS, tambahnya, harus dilaksanakan secara terpadu dengan program pemberdayaan masyarakat dengan prinsip transparansi, partisipatif dan akuntabilitas. Dengan disertai memperhatikan nilai agama maupun budaya masyarakat, sehingga tahu, mau dan mampu menanggulangi HIV/AIDS dilingkungannya.
Ia menyatakan untuk menyelesaikan HIV/AIDS diperlukan kerjasama lintas sektor dan butuh strategi terkoordinir serta bersinergi dengan memberdayakan populasi kunci sebagai populasi berisiko tinggi tertular HIV.
Belum lagi, masih ada stigma masyarakat terhadap HIV/AIDS juga menambah berat masalah sosial dialami ODHA terutama ODHA perempuan. Masyarakat cenderung menganggap HIV/AIDS hanya dialami perempuan. Anggapan masyarakat salah, HIV/AIDS hanya dialami perempuan penjaja seks, padahal banyak perempuan tidak melakukan perilaku berisiko, namun terinfeksi dari pasangan hidupnya (suami). (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kasus HIV/AIDS Kabupaten Madiun Terus Naik"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA