Gerakan Bersih-Bersih Pantai dan Laut (GBPL) 2012 di Pantai Sine



TULUNGAGUNG, SMN - Pada hari Jum’at pagi tanggal 23 November 2012 bertempat di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir telah diadakan Gerakan Bersih-bersih Pantai dan Laut(GBPL). Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Muspika Kecamatan Kalidawir, Pemuda/Karang Taruna Desa Kalibatur, tokoh masyarakat, Kelompok Pengawas Masyarakat, Masyarakat nelayan, bakul ikan, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung, Pimpinan Bank Jatim Cabang Tulungagung dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung beserta staf.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa laut memiliki fungsi penguraian siklus hidrologi, iklim, cuaca serta sumber pangan dan mineral. Laut juga sebagai media angkut/pelayaran, keamanan dan kawasan wisata yang menarik.
Sangat di sayangkan dewasa ini laut sudah terdegradasi berbagai ragam pencemaran dan laju sedimentasi tak terkendali, akan lebih parah lagi apabila dianggap sebagai tempat pembuangan sampah.Cepat atau lambat sedimentasi dapat berdampak menurunnya kualitas ekosistem di kawasan pesisir, padahal masyarakat pesisir banyak yang menggantungkan hidupnya dari laut.Erat kaitannya dengan permasalahan tersebut di atas maka dalam rangka hari Nusantara ke 13 tanggal 13 Desember 2012, pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam hal ini Dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Tulungagung mengadakan gerakan bersih-bersih pantai dan laut di Pantai Sine.
Harapan dengan di laksanakan kegiatan tersebut masyarakat semakin memahami dan menyadari bahwa bersih-bersih pantai dan laut merupakan kegiatan yang harus sering dilakukan sebagai upaya pengendalian pencemaran pantai dan laut guna mendukung pembangunan Kelautan dan Perikanan dan tergerak secara mandiri menjaga kebersihan pantai dan laut.
Di samping itu kegiatan tersebut juga bertujuan: 1) Memberikan pemahaman dan penyadaran tentang bahaya pencemaran laut. 2) Mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran dengan memilah sampah organik dan sampah non organik guna mendapatkan nilai ekonomi dan pemanfaatannya. 3) Mensinergikan seluruh kegiatan dari berbagai industri terkait dalam upaya pengendalian. 4) Mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan laut biru dan pantai bersih lestari. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Gerakan Bersih-Bersih Pantai dan Laut (GBPL) 2012 di Pantai Sine "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA