PNPM Mandiri Peduli Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan



PONOROGO, SMN - Pelaksanaan PPK sampai dengan PNPM Mandiri Pedesaan di Kabupaten Ponorogo dari tahun ke tahun cukup berhasil dan sesuai dengan tujuan program yang mengacu pada prinsip dasar program, yaitu keberpihakan pada orang miskin/perempuan, transparansi, partisipasi, kompetisi sehat. Desentralisasi, akuntabilitas dan keberlanjutan.

Mulai tahun 2011, PNPM Mandiri Pedesaan Ponorogo telah memasuki pintu integrasi dan dilanjutkan dengan integrassi penuh tahun 2012 kedalam sistem pembangunan reguler bersamaan dengan tahapan MusrenbangDesa, Musrenbang Kecamatan, Forum SKPO dan Musrenbang Kabupaten.
Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Pemkab Ponorogo, Drs Najib Susilo MM, pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan di Pemkab Ponorogo sudah cukup bagus dan berhasil,dan tidak ada kendalan berarti, namun perlu evaluasi. “Seperti halnya partisipasi masyarakat cenderung menurun, usulan open menu kecenderungan masih berfokus pada kegiatan fisik sarana dan prasarana, kita bisa ambil contoh kegiatan pembangunan sarana dan prasaran jalan lebih dominan dibanding usulan terhadap jenis-jenis kegiatan lainnya”, katanya.
Lebih lanjut Najib Susilo mengatakan, prinsip open menu perlu dikedepankan untuk memperoleh usulan masyarakat, agar sesuai dengan masalah dan potensi yang ada. “Proses perencanaan adalah bagian terpenting dari output/kwalitas hasil program, PNPM Mandiri Pedesaan tahun anggaran 2012 di Kabupaten Ponorogo ada 19 lokasi Kecamatan, seperti Ngrayun, Slahung, Bungkal,Sawoo, Sooko, Sambit, Pulung, Jetis, Badegan, Sampung, Sukorejo, Kauman, Jambon, Balong, Babadan, Ngebel Jenangan Mlarak dan Pudak”, kata Najib Susilo. Workshop PNPM Mandiri kabupaten Ponorogo (12/9/2012), selain dihari bupati Ponorogo H. Amin, juga dihadiri pejabat penting Pemkab Ponrogo, dan masyarakat luas. (Aban)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "PNPM Mandiri Peduli Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA